Sukses


6 Negara yang Paling Sering Dihadapi Timnas Indonesia di Pentas Internasional

Bola.com, Jakarta - Negara-negara di Asia Tenggara masih menjadi regional paling banyak dihadapi Timnas Indonesia sejak pertama kali melakoni pertandingan sepak bola resmi. Tercatat, lima dari enam tim paling sering dihadapi Indonesia berasal dari regional Asia Tenggara.

Berdasarkan data dari RSSSF, Timnas Indonesia telah lebih dari 700 kali melakoni pertandingan level internasional, baik itu yang sifatnya eksibisi atau persahabatan, maupun arena kompetitif, mulai dari Piala AFC sampai Pra-Piala Dunia.

Masih dari data tersebut, Nan Hwa (China Selatan) menjadi negara atau tim pertama yang dihadapi Timnas Indonesia. Saat itu Timnas Indonesia masih bernama PSSI. Pertandingan digelar di Semarang, namun tidak jelas lokasi tepatnya.

Timnas Hindia Belanda, yang mana FIFA mengakuinya sebagai Timnas Indonesia pada Januari 2018 silam, juga pernah tampil di Piala Dunia 1938. Sayangnya, Achmad Nawir dkk. langsung tumbang pada Babak I melawan Hungaria dengan skor 0-6.

Adapun pada 5 Maret 1951, RSSSF melaporkan Timnas Indonesia menghadapi India dalam ajang Asian Games 1951. Saat itu Timnas Indonesia langsung kalah 0-3. Total hingga kini, India telah dihadapi sebanyak 23 kali.

Namun, bukan India yang jadi tim paling sering dihadapi Timnas Indonesia. Berikut ini Bola.com merangkum enam negara yang paling sering dihadapi Timnas Indonesia.

 

2 dari 8 halaman

Malaysia

Pertandingan pertama antara Indonesia kontra Malaysia di atas lapangan sepakbola terjadi pada 7 September 1957 dalam ajang Turnamen Merdeka di Kuala Lumpur. Kala itu, tim Merah Putih mampu membungkam tuan rumah yang dulu bernama Malaya itu dengan skor 4-2.

Mengenai berapa kali dua negara bertetangga ini sudah bertemu memang belum diketahui secara pasti. Beberapa sumber mengklaim Malaysia dan Indonesia sudah bertanding lebih dari 90 kali, namun dari RSSSF, tercatat kedua tim sudah berduel sebanyak 87 kali.

Pada dua perjumpaan terakhir, Timnas Indonesia kalah dua kali dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pelatih Simon McMenemy yang menjadi arsitek pada dua pertandingan tersebut tumbang 2-3 di Stadion Utama Gelora Bung Karno dan 0-2 di Stadion Bukit Jalil.

 

3 dari 8 halaman

Thailand

Masih dari Asia Tenggara, negara paling sering dihadapi Timnas Indonesia adalah Thailand. Berdasarkan catatan 11v11.com, Merah Putih telah bersua Thailand sebanyak 73 kali.

Timnas Indonesia menang 25 kali. Sementara Thailand masih unggul jauh dengan 39 kemenangan. Sisa 14 laga lainnya berakhir dengan skor imbang.

Terakhir, Timnas Indonesia kalah 0-3 dari Thailand pada Kualifikasi Piala Dunia 2020 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

 

4 dari 8 halaman

Singapura

Ada perbedaan jumlah head to head antara Timnas Indonesia menghadapi Singapura. RSSSF mencatat kedua tim sudah bertemu sebanyak 66 kali, sementara 11v11.com baru 57 kali.

Namun, Timnas Indonesia patut berbangga karena masih unggul jauh dari Negeri Singa. Merah Putih menang 30 kali, sementara Singapura baru 18 kali.

Pertemuan pertama kedua tim terjadi pada 1958 silam dalam ajang Merdeka Tournament di mana Timnas Indonesia menang 2-0.

 

5 dari 8 halaman

Korea Selatan

Siapa sangka, Korea Selatan menjadi tim keempat yang paling sering dihadapi Timnas Indonesia. Sebanyak 60 pertandingan telah tersaji. Sayang, Timnas Indonesia masih belum bisa mengimbangi.

Korea Selatan telah memenangi 46 pertandingan. Bahkan, delapan pertandingan terakhir, Timnas Indonesia selalu kalah.

Kemenangan terakhir Timnas Indonesia atas Korea Selatan terjadi pada 31 Juli 1986. Saat itu, Merah Putih mencukur Tim Negeri Ginseng dengan skor telak 4-0.

 

6 dari 8 halaman

Myanmar

Dulu, negara ini bernama Burma, dan mereka merupakan tim kedua setelah India yang dihadapi Timnas Indonesia sejak 1950.

Setelah berganti nama menjadi Myanmar, Timnas Indonesia telah bertarung sebanyak 45 kali.

Belum dapat dipastikan rekor pertemuan kedua tim. Hanya, berdasarkan 11v11.com, di mana data tercatat sejak 1996, Timnas Indonesia memenangi delapan laga dari 16 pertemuan.

 

7 dari 8 halaman

Vietnam

Vietnam dulu terbagi menjadi dua, yakni Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Jika menggabungkan kedua negara tersebut, maka total Timnas Indonesia telah berjumpa sebanyak 41 kali.

Namun, jika dipecah melawan Vietnam saja, Timnas Indonesia baru berjumpa sebanyak 24 kali. Sembilan laga di antaranya berhasil dimenangkan Timnas Indonesia.

Vietnam baru memenangi enam laga di antaranya, sementara sembilan lainnya berakhir dengan imbang. Pertemuan terakhir kedua tim di Gianyar, Bali, Timnas Indonesia kalah 1-3 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sumber: RSSSF, 11v11.com

8 dari 8 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer