Sukses


Ferry Rotinsulu Yakin Timnas Indonesia U-19 Bisa Bersaing di Piala Dunia U-20

Bola.com, Jakarta - Penjaga gawang senior, Ferry Rotinsulu, yakin dengan kemampuan para pemain Timnas Indonesia U-19 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 nanti. Pasalnya, kata Ferry Rotinsulu, para pemain yang kemungkinan besar dari level U-16 itu telah membuktikan diri mampu memberikan prestasi untuk bangsa dan negara.

Timnas Indonesia U-19 akan tampil di Piala Dunia U-20 yang akan dihelat Mei 2021 nanti setelah Indonesia ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah. Menurut aturan FIFA sendiri, tuan rumah berhak mendapatkan satu slot tanpa harus mengikuti babak kualifikasi seperti kontestan-kontestan lainnya.

Ferry Rotinsulu menambahkan, pada saat mereka menjuarai Piala AFF U-16 dengan pelatih Fakhri Husaini, para pemain tersebut sudah siap secara mental dan kualitas meski lawan yang akan dihadapinya nanti adalah negara-negara yang mempunyai level sepak bola di atas Indonesia.

"Saya yakin seyakinnya kepada mereka. Karena kan mereka ini kebanyakan yang juara dari Timnas U-16 saat dilatih Coach Fakhri Husaeni.Ditambah lagi ada ada pemain yang tampil di luar negeri baik dengan tim luar atau sedang mengikuti program-program," kata Ferry Rotinsulu kepada Bola.com, Sabtu (18/7/2020).

Ditambah perkembangan sepak bola usia dini di Indonesia sangat berkembang pesat. Itu terlihat dari banyaknya Sekolah Sepak Bola (SSB) yang merata dari Sabang sampai Papua.

Tidak ketinggalan, turnamen-turnamen untuk level usia U-17 pun sangat banyak digelar. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sendiri musim lalu sudah menjalankan kompetisi di level usia U-16, U-17, U-19 dan U-21.

Dengan demikian, maka sudah dipastikan akan banyak bibit potensial yang bisa dipilih pelatih Timnas U-19 saat ini Shin Tae-Young.

"Merekapun bisa berkompetisi di usia muda main di level nasional, atau profesional kalau di Indonesia itu Liga 1. Saya rasa mereka bisa berbuat sesuatu di Piala Dunia U-20 nanti. Perkembangan sepak bola di era sekarang ini sangat pesat," ujarnya.

"Di Liga 1 pun sekarang ini kan banyak pemain muda. Jadi mereka sudah merasakan bagaimana bersaing dan bermain dengan pemain senior. Jadi, ketika mereka main di level usia mereka, pasti bisa. Apalagi di Piala Dunia U-20 nanti, pemain-pemain yang memperkuat Indonesia, adalah pemain-pemain yang sukses memberikan juara kepada bangsa dan negara," ungkapnya.

 

Video

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Kurangi Bermain Handphone

Hanya saja, meski memiliki kualitas bagus dan didukung dengan aturan yang ada serta berbabagai program yang dijalani, pria yang pernah berkostum Sriwijaya FC semasa aktif ini berharap para pemain Timnas U-19 itu untuk bekerja keras, disiplin dan fokus pada setiap latihan yang dilakukan.

"Yang jelas, saya yakin mereka bisa bersaing di Piala Dunia, selagi mereka bisa menjaga diri. Berlatih sendiri dengan keras, mereka harus bisa menjaga pola hidup, pola makan dengan baik. Dalam arti dikurangi bermain handphone, kapan mereka istirahat. Jadi, mereka sendiri yang harus menjaganya. Mungkin kalau lagi bergabung latihan bersama, semua bisa diperhatikan," pria kelahiran Palu itu mengakhiri pembicaraan.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer