Sukses


Evan Dimas Berbagi Cerita dan Manfaat Pesepak Bola Indonesia Berkarier di Luar Negeri

Bola.com, Jakarta - Gelandang Persija Jakarta, Evan Dimas, bicara pentingnya pemain muda mendapatkan pengalaman bermain di luar negeri. Menurut Evan, berstatus sebagai pemain asing di kompetisi negeri orang membuat mental dan kualitas permainan makin terasah.

Evan Dimas pernah merasakan pengalaman bermain di luar negeri, yakni Malaysia pada 2018. Evan Dimas ketika itu membela Selangor FA. Selain itu, Evan Dimas juga sempat berlatih bersama dua klub Spanyol, Llagostera dan Espanyol.

Bersama Selangor, pemain berusia 25 tahun itu sukses bermain sebanyak 20 kali dan mencetak dua gol di kompetisi lokal tersebut. Meskipun hanya semusim, namun Evan mendapatkan pengalaman dan ilmu yang banyak.

"Menurut saya sangat penting memiliki pengalaman berkarier di luar negeri. Namun, saat bermain di luar negeri, mindset seperti mulai dari nol lagi," kata Evan Dimas seperti dikutip situs resmi klub, Jumat (24/7/2020).

"Apalagi hitungannya dianggap sebagai pemain asing. Hal itu yang membuat mental bermain terasah untuk membuktikan bahwa saya tidak sama dengan pemain lokal sana," tegas Evan Dimas.

Evan Dimas menjadi gelandang berkualitas yang dimiliki Timnas Indonesia dan Persija Jakarta. Tak sekadar andal dalam mengatur ritme permainan, pemain asal Surabaya itu juga bisa diandalkan dalam urusan mencetak gol.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Petik Banyak Pelajaran

Evan Dimas juga menyebut dengan berkarier di luar negeri bisa memberikan banyak pelajaran bagi dirinya. Terutama memiliki pengalaman menghadapi pesepak bola dari negara lain dan menambah jam terbang di kancah internasional.

"Ditambah lagi bermain di luar negeri banyak memberikan pengalaman yang baik buat karier sendiri. Kalau skill maupun taktik bisa saja didapatkan di sini, tapi mental dan pengalaman pastinya lebih bagus saat bermain di luar negeri," tegas Evan Dimas.

Sejauh ini, Evan Dimas sudah mencetak dua gol dalam dua laga yang dimainkan di Shopee Liga 1 2020 bersama Persija Jakarta. Kehadiran Evan Dimas makin menambah kualitas lini tengah klub berjulukan Macan Kemayoran itu.

Video Populer

Foto Populer