Sukses


PT LIB Meninjau Kesiapan Yogyakarta sebagai Homebase Klub Luar Jawa di Shopee Liga 1 2020

Bola.com, Yogyakarta - Sejumlah persiapan mulai dimatangkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) jelang bergulirnya Shopee Liga 1 2020. Contohnya adalah memeriksa kesiapan Yogyakarta sebagai homebase klub asal luar Pulau Jawa.

PSSI dan PT LIB sepakat menjadikan Yogyakarta sebagai markas klub dari luar Pulau Jawa, seperti Bali United, Barito Putera, Borneo FC, Persipura Jayapura, dan Persiraja Banda Aceh pada Shopee Liga 1 2020. PT LIB memeriksa kesiapan stadion dan hotel yang akan menjadi markas dari klub-klub tersebut.

Rencananya, ada dua stadion yang akan digunakan di Yogyakarta, yaitu Stadion Maguwoharjo Sleman dan Stadion Sultan Agung Bantul.

"Banyak tim yang memilih Yogyakarta sebagai homebase, maka kami harus memastikan kondisi terakhir dari stadion yang diajukan. Semua aspek akan kami verifikasi sesuai dengan standar yang berlaku," kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, Jumat (24/7/2020).

"Kami juga akan mengecek kelayakan beberapa hotel yang rencananya akan menjadi tempat tinggal sementara bagi tim-tim tersebut," tegas Sudjarno.

Dari enam tim luar Jawa, sudah ada empat tim yang memutuskan homebase mereka, yakni Borneo FC dan Persiraja Banda Aceh di Stadion Maguwoharjo, serta Bali United dan PSM Makassar yang memilih Stadion Sultan Agung. Adapun Barito Putera dan Persipura Jayapura belum menentukan pilihan.

Selain tim asal luar Pulau Jawa, juga ada Persija Jakarta yang memilih bermarkas di Yogyakarta pada Shopee Liga 1 2020. Klub berjulukan Macan Kemayoran itu mengajukan keinginan bermarkas di Stadion Sultan Agung.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Stadion Berbenah

Demi menyambut Shopee Liga 1 2020, Stadion Sultan Agung mulai berbenah karena dipilih menjadi homebase sejumlah klub. Stadion ini memiliki kualitas rumput lapangan yang baik, kapasitas penonton mencapai lebih dari 20 ribu penonton, serta penerangan lapangan yang baik.

"Perawatan rutin yang kami lakukan antara lain pemotongan rumput, pemupukan, dan penyiraman. Minimal kualitas rumput lapangan terjaga dengan baik," kata Pengelola Stadion Sultan Agung Bantul, Bagus Nur Edy Wijaya.

Stadion Sultan Agung tak memerlukan renovasi mayor karena sudah memenuhi sejumlah standar yang diajukan PT LIB. Stadion ini sudah sering menggelar laga-laga Liga 1.

Video Populer

Foto Populer