Sukses


Andritany Ardhiyasa: Saya Akan Kembali ke Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - "Suatu hari, saya akan kembali ke Timnas Indonesia." Petikan ucapan tersebut keluar dari mulut kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa.

Pada pemusatan latihan (training centre) Timnas Indonesia kali ini, penjaga gawang berusia 28 tahun itu diabaikan oleh pelatih Shin Tae-yong.

Nihilnya nama Andritany dalam daftar skuat Timnas Indonesia adalah yang pertama kalinya dalam beberapa tahun belakangan. Sebelumnya, kiper bernomor punggung 26 tahun itu selalu menjadi langganan entah siapapun pelatihnya.

Dimulai dari era Alfred Riedl pada 2016, disusul Luis Milla pada 2017-2018, Bima Sakti pada 2018, dan Simon McMenemy pada 2019. Dalam periode itu, Andritany selalu menghiasi komposisi Timnas Indonesia, baik berstatus pemain utama atau pelapis.

Bahkan pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia tahun lalu, Andritany didaulat sebagai kapten Timnas Indonesia semasa masih ditangani oleh Simon McMenemy. Namun, performa buruk membuat kualitasnya mulai diragukan.

"Pesan saya kepada teman-teman di Timnas Indonesia, semangat berlatih, jaga kekompakan tim dan bawa lambang Garuda terbang tinggi," kata Andritany pada podcast-nya yang berjudul "Reaksi yang Positif".

Dibanding Andritany, Shin Tae-yong lebih memilih memanggil empat kiper lain untuk pemusatan latihan kali ini. Keempat penjaga gawang tersebut adalah Nadeo Argawinata, Muhammad Riyandi, Miswar Saputra, dan Rivky Mokodompit.

2 dari 3 halaman

Manfaatkan Kompetisi

Demi mengembalikan namanya ke Timnas Indonesia, Andritany akan memanfaatkan keberlangsungan Shopee Liga 1 2020. Adapun, kompetisi akan kembali dilanjutkan pada 1 Oktober 2020.

"Kompetisi akan bergulir pada Oktober 2020. Masih ada kesempatan bagi para pemain yang belum dipanggil ke Timnas Indonesia untuk menunjukkan kualitasnya di kompetisi," imbuh Andritany.

"Saya rasa coach Shin Tae-yong tidak akan menutup mata jika ada pemain bagus di kompetisi untuk dipanggil ke Timnas Indonesia. Jadi semua pemain yang akan berkompetisi, memiliki kesempatan yang sama," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Video

Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer