Sukses


Instruksi Presiden Segera Terbit, Menpora Pastikan 6 Stadion Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menjelaskan bahwa Instruksi Presiden (Inpres) terkait pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 segera terbit dalam waktu dekat. Dengan adanya payung hukum itu, pengerjaan sarana dan prasarana bisa dikebut oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR).

"Kami sekarang sedang menyiapkan Inpres karena itu yang dibutuhkan. Sebab, Inpres menyangkut renovasi arena pertandingan dan latihan," kata Zainudin.

Selain itu, Zainudin juga memastikan daftar enam stadion yang terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 tidak akan berubah. Sebelumnya, PSSI telah menunjuk Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Stadion Manahan, Solo, Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

"Kami tahu keputusannya ada enam stadion untuk Piala Dunia U-20 2021. Enam stadion tersebut yang sekarang dikerjakan oleh KemenPUPR karena mereka butuh waktu. Stadion sudah pasti enam itu. Lalu ada lapangan latihan di sekitar situ. Mudah-mudahan bisa langsung dikerjakan," jelas Zainudin.

"Kami tak mau mendadak. Oleh sebab itu, kami konsentrasi ke Inpres. Mudah-mudahan selesai dalam 1-2 hari ini. Kemudian kalau secara prinsip tak ada masalah, kami pindah ke Keputusan Presiden," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Pujian untuk Pemerintah Daerah

Zainudin melempar pujian untuk pemerintah daerah yang stadion di wilayahnya terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Ambil contoh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan dan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, yang telah menghadap menteri asal Gorontalo ini beberapa waktu lalu.

"Pemerintah daerah sangat kooperatif. Apalagi mereka yang sudah berkomitmen ketika stadionnya ditinjau. Mereka konsisten," tutur politikus Partai Golkar ini.

"Pekan lalu saya menerima Gubernur Sumsel dan Walikota Palembang. Mereka menyatakan siap untuk menjadi tuan rumah. Mereka sanggup menjadi tuan rumah yang baik," terangnya.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer