Sukses


Merespons Gatot Dewa Broto, Haruna Soemitro: Dia Suka Melihat PSSI dan Kemenpora Berantem

Bola.com, Jakarta - Kecurigaan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S. Dewa Broto, terhadap molornya pemusatan latihan (training centre) Timnas Indonesia dan U-19 berbuntut panjang. Komentarnya mendapatkan kecaman dari Haruna Soemitro, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Haruna mengatakan bahwa Gatot terlalu mencampuri urusan internal PSSI.

Sebelumnya, Gatot meminta PSSI untuk terbuka mengenai hasil swab test Timnas Indonesia dan U-19 yang menjadi penyebab mundurnya pemusatan latihan sampai dua kali. Merebak dugaan ada pemain yang terindikasi COVID-19, namun PSSI membantahnya.

Haruna menduga Gatot ingin merusak hubungan PSSI dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Belum lama ini, kedua belah pihak baru menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait dana Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021.

"Hubungan antara PSSI dengan Kemenpora sudah baik dan saling mendukung. Buktinya ada MoU antara PSSI dengan Kemenpora terkait bantuan dana untuk Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021. Saya melihat ada orang yang tidak senang melihat kemeseraan antara PSSI dan Kemenpora," ujar Haruna.

"Gatot Dewa Broto seperti police watch yang selalu mengkritisi apapun yang dilakukan PSSI. Dia sepertinya suka melihat PSSI dan Menpora berantem," jelasnya.

Video

2 dari 2 halaman

Sikap Kontradiktif Haruna

Sikap Haruna kepada Gatot justru kontradiktif dengan penilaiannya terhadap Zainudin. Menteri asal Gorontalo ini disebutnya tidak pernah mengintervensi PSSI.

"Padahal urusan serta pekerjaan Gatot sebagai Sesmenpora itu banyak. Jangan hanya urus PSSI saja," tutur Haruna.

"Terima kasih Pak Menpora yang selalu mendukung PSSI. Beliau juga selalu berkomentar positif dan adem kepada PSSI. Ini tentu menjadi hal yang bagus dan enak dilihat," imbuh Haruna.

Video Populer

Foto Populer