Sukses


Pemain Liga Belanda Ini Utarakan Hasrat Perkuat Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pemain muda ketutunan Indonesia yang berada di Belanda, Gilles Joannes bisa menjadi opsi untuk dipanggil oleh Timnas Indonesia. Mengingat usianya masih muda yakni 17 tahun, Gilles Joannes punya kans yang cukup besar.

Lahir dan besar di Belanda, kultur sepak bola negeri kincir angin tidak bisa lepas darinya. Klub Belgia, Lierse dan timnya saat ini NAC Breda sudah cukup membuktikan Gilles punya pengalaman dan jam terbang memadai.

Dengan umurnya yang masih 17 tahun, sebenarnya ada potensi dirinya bisa membela Timnas Indonesia. Termasuk peluangnya untuk menghadapi Piala Dunia U-20 tahun depan. Hanya saja Gilles Joannes belum dapat banyak bicara mengenai peluangnya bermain di Timnas Indonesia.

Hal itu seperti yang ia sampaikan dalam channel YouTube Yussa Nugraha belum lama ini. Yussa juga merupakan pemain Indonesia yang tinggal lama di Belanda. Yussa pun ikut menanyakan tentang peluangnya membela tim Merah-putih.

"Itu keputusan yang sulit, karena saya juga belum pernah mendapat kabar. Jadi saya juga sulit untuk menjawabnya," beber Gilles Joannes.

"Kalaupun dipanggil, saya tahu akan ada Piala Dunia U-20 tahun depan. Saya ingin memenangi banyak pertandingan dan banyak hal yang masih bisa didapatkan," kata dia.

Dirinya tak menampik cukup mengikuti persepakbolaan Indonesia. Yakni melalui media sosial seperti Instagram, untuk mencari tahu tentang Timnas dan kelompok usia. Ia juga mengetahui klub besar di Indonesia dua di antaranya adalah Bali United dan Persija Jakarta.

"Semua mungkin saja, saya tidak berkata tidak pernah, tapi fokus saya sekarang adalah karier di Belanda. Karena saya ingin mendapat menit bermain di klub saya sekarang," tutur Gilles Joannes.

 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Pengalaman di Eropa

Gilles Joannes juga menceritakan tentang aktivitasnya saat ini, terutama di tengah pandemi COVID-19. Aktivitas sepak bola di Belanda ikut terhenti karena pandemi virus Corona.

Namun ia masih tetap menjalankan program latihan dari tim pelatihnya. Terutama program penguatan dan menjaga stamina. agar tetap stabil. Dengan berlatih jogging dan lari cepat.

Beberapa diantara momen menariknya selama berkiprah di Liga Belgia dan Belanda adalah bisa berhadapan dengan tim-tim kuat Eropa. Terutama saat dia masih membela klub muda KSK Lierse.

"Saya mendapat pengalaman yang cukup mengesankan karena bertemu tim-tim besar seperti Barcelona, Bayern Munich. Itu pengalaman yang sangat baik, selain bermain untuk NAC Breda. Selama di NAC Breda, lawan yang paling sulit tentunya Ajax Amsterdam dan AZ Alkmaar," jelas Gilles Joannes.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer