Sukses


BFF Umumkan Hasil Tes COVID-19 Timnas Bangladesh, 18 Pemain Terpapar, Contoh Buat PSSI

Bola.com, Jakarta - Asosiasi Sepak Bola Bangladesh (BFF) rutin melaporkan kondisi kesehatan skuad Timnas Bangladesh melalui laman Facebook Bangladesh Football Federation.

Timnas Bangladesh berencana memulai pemusatan latihan sebagai persiapan melanjutkan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Sebelum berlatih, BFF menerapkan protokol kesehatan dengan mengecek kondisi para pemain melalui tes COVID-19.

Pada Rabu (5/8/2020), BFF merilis hasil tes COVID-19 pertama untuk 21 orang yang meliputi pemain, staf kepelatihan, dan ofisial tim. Hasilnya, empat pemain positif COVID-19.

Keesokan harinya, BFF kembali melaporkan tujuh dari 12 pemain terjangkit virus corona pada pemeriksaan lanjutan COVID-19.

Puncaknya terjadi pada Jumat (7/8/2020). BFF secara transparan kembali membuka hasil tes COVID-19 skuad Timnas Bangladesh. Tujuh pemain dan satu ofisial dinyatakan terjangkit. Dengan begitu, total 18 pemain Timnas Banglades mengidap virus corona.

"Tujuh pemain dan satu ofisial dinyatakan positif COVID-19. BFF pada 8 Agustus 2020 mendapatkan laporan terbaru dari Universitas Kedokteran Bangabandhu Sheikh Mujib," tulis pengumuman resmi BFF di laman Facebook.

"Dikonfirmasi, tujuh pemain dan satu ofisial dari daftar 5 Agustus 2020 dinyatakan positif COVID-19. Mereka sekarang sedang diisolasi dan berada di bawah pengawasan Komite Medis BFF," lanjut pernyataan tersebut.

Dhaka Tribun melaporkan, para pemain yang negatif dari COVID-19 akan dikirim ke pemusatan latihan di Sarah Resort Gazipur, lokasi pemusatan latihan Timnas Bangladesh.

2 dari 4 halaman

Bagaimana dengan PSSI terhadap Timnas Indonesia?

PSSI tidak pernah secara terbuka mengumumkan hasil dari tes COVID-19 terhadap skuad Timnas Indonesia dan U-19. Padahal, PSSI mengklaim telah menggelar tiga kali tes virus corona.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan hanya menyanggah laporan yang menyebutkan bahwa sejumlah pemain Timnas Indonesia dan U-19 reaktif COVID-19. Dugaan tersebut mengemuka setelah pemusatan latihan mengalami penundaan sebanyak dua kali.

"Penundaan TC bukan karena COVID-19. Jadi kami 14 hari karantina untuk memenuhi protokol kesehatan dengan melakukan tiga kali tes swab. Akhirnya baru pada 7 Agustus 2020 pemusatan latihan dimulai," imbuh Iriawan.

Seperti Timnas Bangladesh, Timnas Indonesa juga bersiap untuk menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zon Asia. Armada Shin Tae-yong telah memulai latihan pada Jumat (7/8/2020) di Stadion Madya, Jakarta.

Tentu saja PSSI sudah seharusnya mencontoh apa yang dilakukan BFF saat memberikan informasi mengenai kasus infeksi corona di tim sepak bola mereka. 

3 dari 4 halaman

Daftar 18 Pemain Timnas Bangladesh yang Positif COVID-19

1. Bishwanath Ghosh

2. Nazmul Islam Rasel

3. Mathews Bablu

4. Sumon Reza

5. Faisal Ahmed Fahim

6. Manik Hossain

7. Monjurur Rahman

8. Mohammad Abdullah

9. Yeasin Arafat

10. Biplo Ahmed

11. Mahbubur Rahman Sufil

12. Anisur Rahman Zico

13. Sushanta Tripura

14. Rabiul Hasan

15. Shahidul Alam

16. Sohel Rana

17. Mohammad Ibrahim

18. Tutul Hossain Badshah

19. Masud Parvez (coach)

 

Sumber: Dhaka Tribune

4 dari 4 halaman

Video

Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer