Sukses


Mendapat Kesempatan dari Shin Tae-yong, Arif Satria Ingin Banyak Belajar di Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Stoper Persebaya Surabaya, Arif Satria, merupakan nama baru dalam pemusatan latihan di Timnas Indonesia yang tengah digelar di Jakarta. Mantan pemain Persela Lamongan itu mengaku beruntung mendapatkan kesempatan berlatih di bawah arahan Shin Tae-yong.

Arif Satria termasuk dalam 29 pemain yang mendapatkan panggilan dari Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan di Jakarta sejak Jumat (7/8/2020). Ini menjadi pertama kalinya bagi pemain Persebaya Surabaya itu bisa berlatih bersama Timnas Indonesia.

"Banyak pemain yang sudah berpengalaman di sini. Saya ingin banyak belajar, baik dari teman-teman maupun dari pelatih. Alhamdullilah, sejauh ini semua berjalan lancar dan aman," ujar Arif Satria kepada Bola.com, Senin (10/8/2020).

Bersama para pemain Timnas Indonesia, Arif Satria juga harus menjalani latihan yang tidak seperti biasa. Mereka harus tetap menjalani protokol kesehatan, seperti rajin mencuci tangan hingga menjaga jarak saat di luar lapangan. Sebagai pemain baru di Timnas Indonesia, pemain berusia 24 tahun itu berusaha segera beradaptasi.

"Saya tidak merasa canggung di sini. Justru saya lebih canggung kalau bergabung dengan klub baru. Kalau di Timnas Indonesia, saya sudah kenal dengan teman-teman di sini karena kami sering bertemu kalau bertanding di Liga 1," imbuh pemain kelahiran Lubuk Linggau itu.

Video

2 dari 2 halaman

Belajar dari Stoper yang Lebih Berpengalaman

Selain Arif, ada empat stoper lain yang juga mengikuti pemusatan Timnas Indonesia kali ini. Mereka adalah Bagas Adi Nugroho (Arema FC), Fachruddin Aryanto (Madura United), Ryuji Utomo (Persija Jakarta), dan Andi Setyo Nugroho (Tira Persikabo).

Empat nama lainnya itu sudah malang melintang berseragam Timnas Indonesia, bahkan sejak kelompok usia. Hal berbeda dialami oleh Arif Satria yang bahkan baru kali ini berkesempatan masuk skuat Garuda.

 “Saya berusaha belajar dari mereka. Selama ini, empat stoper lainnya itu sudah berpengalaman. Kami saling berbagi saja. Alhamdulillah, semuanya juga cepat akrab dan kami mudah membangun chemistry,” tuturnya.

Karier yang dimiliki oleh Arif Satria bisa dibilang berjalan dengan sangat cepat. Pada 2017, dia masih berstatus sebagai pemain Persis Gotong Royong yang tampil di Liga 3. Dia lantas mentas di kasta tertinggi Liga 1 dengan berseragam Persela Lamongan selama dua musim pada 2018 dan 2019.

Awal musim ini, dia memilih hijrah ke Persebaya dan langsung menjadi pilihan utama di lini belakang. Penampilan apiknya selama Piala Gubernur Jatim 2020 pada Februari silam disinyalir membuat Shin Tae-yong memanggilnya ke Timnas Indonesia.

Video Populer

Foto Populer