Sukses


Elkan Baggott dan 5 Pemain Blasteran yang Layak Dicoba Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19: Berkualitas dan Aset Menjanjikan

Bola.com, Jakarta - Pelatih Shin Tae-yong membuat keputusan mengejutkan dengan memanggil pemain keturunan Indonesia untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Keputusan itu diambil untuk bisa mendapatkan pemain terbaik yang akan mengisi komposisi timnya untuk Piala AFC U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.

PSSI memang getol mengumpulkan data pemain-pemain keturunan Indonesia yang berada di luar negeri. Langkah itu dilakukan agar bisa mendapatkan pemain berkualitas untuk Timnas Indonesia U-19 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021.

Maklum, PSSI mendapatkan tugas tak hanya menyukseskan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 sebagai tuan rumah, namun juga sukses dalam segi prestasi. Hal itulah yang membuat PSSI tak main-main dalam mempersiapkan Timnas Indonesia U-19.

Indonesia memang memiliki banyak pemain keturunan yang masih berusia di bawah 20 tahun. Mayoritas berada di Eropa, khususnya negara-negara seperti Belanda hingga Swedia.

Para pemain keturunan Indonesia juga memiliki kualitas yang mumpuni. Mereka bermain di kompetisi kelas dunia negara-negara Eropa.

Bak gayung bersambut, sejumlah nama yang muncul ke permukaan mengaku siap memenuhi panggilan dari PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19. Saat ini, keputusan akhir berada di PSSI dan Shin Tae-yong yang lebih paham urusan kualitas pemain dan kebutuhan tim.

Lantas, siapa saja pemain keturunan Indonesia yang saat ini tersedia? Berikut ini lima pemain blasteran yang bisa memperkuat Timnas Indonesia U-19 asuhan Shin Tae-yong.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 7 halaman

Jack Brown

Jack Brown merupakan wajah lama di Timnas Indonesia U-19. Jack Brown sudah pernah mengikuti pemusatan latihan Tim Merah Putih sejak 2017.

Namun, ketika itu Jack Brown tak mampu memikat pelatih Indra Sjafri. Jack Brown merupakan pemain Inggris yang memiliki darah Indonesia dari ibunya.

Masa kecil Jack cukup gemilang. Dia tercatat pernah berpartisipasi di Manchester United Soccer School (MUSS) di Dubai pada 2006 dan langsung menjadi pemain terbaik.

Saat ini, Jack Brown bermain di Lincoln City U-18. Pelatih Shin Tae-yong kembali memanggilnya untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19.

Jack Brown mengaku bahagia bisa kembali mendapatkan kesempatan dari Shin Tae-yong. Jack Brown berharap bisa memikat pelatih asal Korea Selatan itu dengan penampilan apiknya selama pemusatan latihan.

"Saya sangat senang dan mencoba memberikan yang terbaik. Untuk hasilnya, lihat saja nanti," kata Jack Brown dinukil dari YouTube Tik Tak Football First.

"Terima kasih banyak atas dukungan dan komentar yang positif. Saya akan mencoba memberikan yang terbaik di Timnas Indonesia U-19," imbuh Jack Brown.

3 dari 7 halaman

Elkan Baggott

Elkan Baggott merupakan pemain Inggris keturunan Indonesia. Darah Indonesia didapat Elkan Baggott dari sang ibu.

Elkan Baggott menjadi pembicaraan publik tanah air setelah mendapatkan kepercayaan dari pelatih Shin Tae-yong. Pemain berusia 17 tahun itu dipilih langsung oleh Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19.

Shin Tae-yong menyukai karakter bermain dari Elkan Baggott yang berperan sebagai bek. Apalagi pemain kelahiran 23 Oktober 2002 itu memiliki postur tubuh yang jangkung, yakni 194 cm.

"Saya hanya ingin membela negara saya dan membuat bangga negara dan orang tua. Itulah alasan saya memilih Timnas Indonesia," kata Elkan Baggott dalam wawancara di Youtube PSSI.

Elkan Baggott mengaku sangat senang bisa mendapatkan kepercayaan ikut pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Elkan berharap bisa mengamankan satu tempat di Timnas Indonesia U-19.

"Harapan saya saat ini adalah untuk bisa menyatu dengan tim. Saya juga ingin memenangi Piala AFC dan melakukan yang terbaik di Piala Dunia U-20 2021," tegas Elkan Baggott.

"Itu adalah target besar saya. Namun, saat ini saya ingin mendapatkan tempat di Timnas Indonesia," ujar Elkan Baggott.

4 dari 7 halaman

Nyoman Paul Aro

Nyoman Paul Aro merupakan pemain asal Swedia yang memiliki darah keturunan Indonesia. Darah Indonesia didapat Nyoman Paul Aro dari sang ibunda.

Nyoman Paul Aro lahir di Indonesia, namun pindah ke Swedia pada 2016. Saat ini, Nyoman Paul Aro bermain untuk Skovde AIK U-19, peserta Divisi 1 - Sodra, strata kedua kompetisi U-19 di Swedia.

Nyoman Paul Aro sangat berkeinginan untuk bisa membela Timnas Indonesia U-19. Apalagi, Indonesia menjadi tuan rumah pada Piala Dunia U-20 2021.

"Saya sangat menginginkan untuk bermain di Timnas Indonesia. Ini adalah negara saya, ada darah Indonesia yang mengalir di tubuh saya. Keinginan saya sangat besar untuk berbakti bagi negara Indonesia," ujar Nyoman Paul Aro.

Pemain yang berperan di lini tengah ini bisa menjadi pilihan lain dari pelatih Shin Tae-yong. Nyoman Paul Aro juga menantikan undangan seleksi dari Timnas Indonesia U-19.

"Saya sangat siap. Seleksi menurut saya sangat bagus untuk beradaptasi semuanya, baik cuaca maupun dengan rekan-rekan setim," tegas Nyoman Paul Aro.

5 dari 7 halaman

Gyani Joao Manuel

Gyani Joao Manuel merupakan pemain Belanda yang memiliki darah keturunan dari sang ibunda. Seperti diketahui, ibunda Gyani Joao Manuel berasal dari Surabaya.

Gyani Joao Manuel lahir di Belanda pada 10 Januari 2003. Pemain berusia 17 tahun itu saat ini memperkuat FC Volendam, klub Eerste divisie (Liga 2) Belanda.

Gyani Joao Manuel bisa menjadi pilihan lain dari pelatih Shin Tae-yong di posisi bek kanan. Gyani Joao Manuel mengaku akan sangat senang bila mendapatkan panggilan dari Timnas Indonesia.

"Saya tentu senang kalau mendapat panggilan Timnas Indonesia U-19. Apalagi bisa bermain di Piala Dunia U-20 tahun depan. Mama tentu mendukung," kata Gyani dalam wawancara di Youtube Yussa Nugraha.

6 dari 7 halaman

Gilles Joannes

Gilles Joannes merupakan pemain Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia. Hal itu didapat Gilles Joannes dari sang ibu yang berasal dari Sumatra.

Gilles Joannes lahir pada 7 Maret 2000. Pemain berusia 17 tahun itu saat ini bermain di tim muda NAC Breda. Gilles Joannes merupakan pemain yang bermain di posisi gelandang bertahan.

"Posisi saya sebagai gelandang bertahan sedikit beroperasi di kanan. Karena saya suka main di posisi ini, mengatur permainan selain memberikan tekanan ke lawan," kata Gilles Joannes dalam wawancara dengan Youtube Yussa Nugraha.

Gilles Joannes tentu saja bisa menjadi pilihan lain dari pelatih Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19 pada Piala Dunia U-20 2021. Namun, Gilles Joannes pesimistis akan peluang untuk dipanggil Tim Garuda.

Gilles Joannes tak mau terlalu jauh berandai-andai. Apalagi PSSI sejauh ini belum melakukan kontak apapun dengannya.

"Itu akan jadi keputusan sulit. Saya belum bisa memberikan jawaban. Saya juga belum mendapatkan panggilan dari Federasi Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk membela Timnas Indonesia," ucap Gilles Joannes.

7 dari 7 halaman

Jay Idzes

Jay Idzes merupakan pemain Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia. Darah Indonesia didapat Jay Idzes dari sang ibu.

Jay Idzes lahir di Mierlo, Belanda, pada 2 Juni 2000. Saat ini, Jay Idzes berusia 20 tahun dan baru saja mendapatkan kontrak berdurasi tiga tahun dai Go Ahead Eagles.

Jay Idzes merupakan pemain asli binaan akademi FC Eindhoven. Pemain yang berperan sebagai gelandang itu memulai debutnya pada usia 18 tahun dan sukses tampil sebanyak 34 kali sejak 2018.

Jay Idzes bisa menjadi pilihan Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19 pada Piala Dunia U-20 2021. Namun, sang pemain enggan berandai-andai terlalu jauh akan kesempatan tersebut.

"Saya belum berani mengatakannya. Kalau terjadi, itu akan jadi keputusan yang sulit. Saya juga tidak tahu apakah saya juga harus punya paspor Indonesia," kata Jay dalam wawancara di Youtube Yussa Nugraha.

Video Populer

Foto Populer