Sukses


Jacksen F. Tiago Akui Shin Tae-yong Sosok Tepat untuk Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago, meyakini PSSI tak salah mengambil keputusan menunjuk Shin Tae-yong sebagai pelatih. Jacksen berpendapat pelatih asal Korea Selatan itu merupakan sosok yang tepat untuk Timnas Indonesia.

PSSI membuat gebrakan dengan mendatangkan Shin Tae-yong pada akhir 2019. Shin Tae-yong diharapkan bisa mengangkat performa Timnas Indonesia.

Selain itu, Shin Tae-yong juga dibebani tanggung jawab untuk memimpin Timnas Indonesia U-19. Seperti diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah di Piala Dunia U-20 2021.

"Saya rasa saat ini Indonesia berada dalam jalur yang sangat luar biasa dengan Coach Shin Tae-yong," kata Jacksen.

Meski begitu, Jacksen berharap suatu saat ini PSSI bisa memberikan kesempatan kepada pelatih lokal untuk dipercaya memimpin Timnas Indonesia. Jacksen menilai kualitas pelatih lokal di Indonesia saat ini cukup layak untuk menjadi pelatih Timnas Merah Putih.

"Saya rasa sewaktu-waktu nanti, Indonesia harus memberikan kesempatan kepada pelatih lokal untuk menangani Timnas. PSSI sudah memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan pelatih Indonesia. Jadi, saya rasa tidak salah kalau mereka memberikan lahan kepda pelatih-pelatih untuk mengikuti pelatihan tersebut," ujar pelatih asal Brasil tersebut.

Timnas Indonesia dalam sejarahnya tak alergi menggunakan pelatih lokal. Terakhir kali, PSSI memberikan kepercayaan pada Bima Sakti saat menjadi pelatih sementara pada 2018.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Tugas Berat

PSSI membebani Shin Tae-yong dengan target tinggi bersama Timnas Indonesia senior dan U-19. Timnas senior dipatok bisa meraih prestasi pada Piala AFF yang digelar tahun depan.

Begitu juga dengan Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021. PSSI berharap Indonesia tak hanya sukses penyelenggaraan, melainkan juga bisa bersaing di fase grup.

Saat ini konsentrasi Shin Tae-yong masih di Timnas Indonesia U-19. Beckham Putra dkk akan melakoni pemusatan latihan di Kroasia untuk persiapan Piala AFC U-19 2020.

Video Populer

Foto Populer