Sukses


COVID-19 Belum Reda, AFC Akan Batalkan Piala AFC U-16 dan U-19

Bola.com, Jakarta - Asosiasi Sepak Bola Uzbekistan (UFA) melalui laman Facebook Facebook Uzbekistan Football Association mengabarkan bahwa Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mempertimbangkan untuk membatalkan Piala AFC U-16 dan U-19 pada tahun ini.

Seharusnya, Uzbekistan akan menjadi tuan rumah Piala AFC U-19 pada 14-31 Oktober 2020. Adapun, Piala AFC U-16 dijadwalkan bakal berlangsung di Bahrain pada 25 November-12 Desember 2020.

UFA memberitahukan bahwa AFC telah mengirimkan surat resmi kepada setiap asosiasi anggota terkait kemungkinan untuk menjadwalkan ulang dua turnamen tersebut. Selain itu, AFC Futsal Club Championship yang akan dilaksanakan di Uni Emirat Arab (UEA) pada 2-13 Desember 2020, juga terancam dibatalkan.

"Hal ini disebabkan karena adanya permintaan dari asosiasi anggota yang mengikuti Piala AFC U-16, Piala AFC U-19, dan Piala AFC Futsal, mengalami kesulitan perihal penerbangan dan persiapan tim karena pandemi COVID-19," tulis keterangan dari UFA.

"Menurut surat resmi yang dikirim oleh AFC, Komite Eksekutif AFC akan mengambil keputusan tepat tentang masalah ini. Jadwal baru pada turnamen itu akan diumumkan kemudian," lanjut keterangan tersebut.

2 dari 3 halaman

Tanpa Turnamen setelah Pandemi COVID-19 Menjamur

Sebelumnya, AFC telah memutuskan untuk menunda dua turnamen penting pada tahun ini. Kedua kejuaraan tersebut meliputi Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dan Piala AFF 2020.

Jika Piala AFC U-16, U-19, dan Piala AFC Futsal juga batal digelar, maka tidak ada turnamen yang dapat berlangsung tepat waktu setelah pandemi COVID-19 merebak secara global pada Maret 2020.

Hingga saat ini, PSSI selaku Asosiasi Sepak Bola Indonesia belum bersikap. Masalahnya, Timnas Indonesia U-19 yang akan bertanding di Piala AFC U-19, telah terlanjur untuk berencana menggelar pemusatan latihan di Kroasia pada akhir Agustus 2020.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer