Sukses


PSSI : AFC Belum Tunda Piala AFC U-16 dan U-19, Diputuskan pada September

Bola.com, Jakarta - Head of Media PSSI, Eko Rahmawanto mengakatan, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) belum memutuskan untuk menjadwalkan ulang dua hajatan besar di tahun ini, Piala AFC U-16 dan U-19.

"AFC belum menentukan untuk menunda Piala AFC U-16 dan Piala AFC U-19 di tahun ini," kata Eko kepada Bola.com, Kamis (27/8/2020).

Sebelumnya, Asosiasi Sepak Bola Uzbekistan (UFA) melalui laman Facebook-nya mengabarkan bahwa AFC tengah mempertimbangkan untuk membatalkan Piala AFC U-16 dan U-19 pada tahun ini. Kemungkinan penundaan ini disebabkan karena permintaan sejumlah asosiasi anggota yang terkendala persiapan karena pandemi COVID-19 dan penerbangan.

Adapun, Piala AFC U-16 akan berlangsung di Bahrain pada 25 November-12 Desember 2020 dengan Piala AFC U-19 digelar Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020. "Rapat AFC pada 8-9 September 2020 akan memastikan gelaran dua turnamen tersebut," imbuh Eko.

Lantaran masih belum ada keputusan resmi dari AFC, PSSI tetap memberangkatkan Timnas Indonesia U-19 ke Kroasia pada akhir Agustus 2020 untuk melaksanakan pemusatan latihan (training centre). Kegiatan ini bertujuan untuk mematangkan tim sebelum menyongsong Piala AFC U-19 2020.

"Timnas Indonesia U-19 direncanakan akan pergi ke Kroasia pada 29 Agustus 2020," jelas pria yang juga berprofesi sebagai jurnalis ini.

Video

2 dari 2 halaman

Surat Resmi AFC

UFA memberitahukan bahwa AFC telah mengirimkan surat resmi kepada setiap asosiasi anggota terkait kemungkinan untuk menjadwalkan ulang dua turnamen tersebut. Selain itu, AFC Futsal Club Championship yang akan dilaksanakan di Uni Emirat Arab (UEA) pada 2-13 Desember 2020, juga terancam dibatalkan.

"Hal ini disebabkan karena adanya permintaan dari asosiasi anggota yang mengikuti Piala AFC U-16, Piala AFC U-19, dan Piala AFC Futsal, mengalami kesulitan perihal penerbangan dan persiapan tim karena pandemi COVID-19," tulis keterangan dari UFA.

"Menurut surat resmi yang dikirim oleh AFC, Komite Eksekutif AFC akan mengambil keputusan tepat tentang masalah ini. Jadwal baru pada turnamen itu akan diumumkan kemudian," lanjut keterangan tersebut.

Video Populer

Foto Populer