Sukses


Abduh Lestaluhu Kenang Debut Pemberian Alfred Riedl di Timnas Indonesia pada 2016

Bola.com, Jakarta - Abduh Lestaluhu merasakan duka mendalam atas meninggalnya mantan pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl. Buat Abduh, Riedl adalah sosok yang berjasa dalam kariernya di Timnas.

Alfred Riedl meninggal dunia pada Selasa (8/9/2020) dini hari waktu Austria. Alfred Riedl mengembuskan nafas terakhir pada usia 70 tahun.

Alfred Riedl memiliki peran besar dalam membantu Abduh Lestaluhu menembus skuat senior Timnas Indonesia. Pada 2016, Riedl memberikan laga debut buat Abdul pada laga persahabatan melawan Malaysia (9/6/2016).

Ketika itu, Abduh bermain selama 26 menit dan sejak saat itu dirinya menjadi pemain langganan Alfred Riedl di Timnas Indonesia termasuk di Piala AFF 2016. Buat Abduh, Riedl adalah sosok pelatih yang baik dan pekerja keas.

"Saya turut berduka cita atas kepergian Coach Alfred Riedl. Saya sangat-sangat merasa kehilangan karena beliau pelatih yang sangat-sangat berjasa dalam puncak karier saya," kata Abduh Lestaluhu seperti dikutip situs resmi PSSI, Selasa (8/9/2020).

"Di tangan beliau, saya dapat merasakan debut manis bersama Timnas Indonesia senior melawan Malaysia pada 2016 silam. Beliau pelatih yang baik, disiplin, dan pekerja keras. Saya berdoa semoga coach Alfred Riedl mendapatkan tempat yang baik," ujar kapten Persikabo itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Gagal Mempersembahkan Gelar

Sayangnya, ketika itu Alfred Riedl gagal mempersembahkan gelar buat Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Ketika itu, Abduh Lestaluhu dkk harus puas menjadi runner-up setelah menyerah di final dengan kekalahan agregat 2-3 dari Thailand.

Kekalahan di final itu menjadi edisi kedua bagi Alfred Riedl bersama Timnas Indonesia. Sebelumnya, Timnas Indonesia juga gagal meraih gelar Piala AFF 2010 bersama Alfred Riedl karena menyerah dengan agregat 2-4 dari Malaysia.

Meski demikian, sosok Alfred Riedl memiliki peran penting dalam perkembangan sepak bola Indonesia. Sejumlah pemain hebat berhasil diorbitkan dan sampai saat ini memiliki peran penting di Timnas Indonesia.

Video Populer

Foto Populer