Sukses


Hormati Keputusan AFC, PSSI Ubah Program Latihan Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - PSSI menghormati keputusan AFC terkait penundaan dua turnamen, yakni Piala AFC U-16 2020 dan Piala AFC U-19 2020. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku penundaan ini membuat pihaknya bakal mengubah program untuk Timnas Indonesia.

Mochamad Iriawan menilai keputusan penundaan tersebut sudah tepat. PSSI berharap penundaan kedua turnamen itu tidak membuat para pemain Timnas Indonesia patah semangat.

"PSSI mendukung keputusan AFC terkait penundaan Piala AFC U-19 dan U-16 tahun ini. Dengan ini tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan," kata Mochamad Iriawan seperti dikutip situs resmi PSSI, Kamis (10/9/2020).

"Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia," tegas Iriawan.

Keputusan menunda Piala AFC U-16 dan U-19 diambil dalam rapat Komite Eksekutif AFC yang digelar secara virtual, Kamis (10/9/2020). Pertimbangannya adalah faktor kesehatan, keamanan, dan keselamatan pemain muda.

"Komite Eksekutif AFC menyadari pandemi telah memengaruhi kemampuan AFC untuk menyelenggarakan kompetisi. Dengan pemikiran ini dan dengan mempertimbangkan kebutuhan untuk memprioritaskan kesejahteraan para pemain muda, serta tantangan perjalanan dan kesehatan, Kejuaraan Piala AFC U-16 dan AFC U-19 yang dijadwalkan digelar di Bahrain dan Uzbekistan ditunda hingga awal 2021," bunyi pernyataan seperti dikutip dari situs resmi AFC.

Dengan demikian, Timnas Indonesia di semua kelompok umur tak lagi memiliki agenda sampai akhir 2020. AFC juga sebelumnya sudah menunda penyelenggaraan Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang diikuti Timnas Indonesia.

2 dari 3 halaman

Menerka Nasib Timnas U-16 dan U-19

Keputusan AFC untuk menunda Piala AFC U-16 dan Piala AFC U-19 tentu berdampak pada persiapan yang dilakukan Timnas Indonesia. Kemungkinan besar, Timnas U-16 akan dibubarkan sementara waktu sampai ada tanda-tanda kembali digelarnya Piala AFC U-16.

Adapun Timnas Indonesia U-19 saat ini masih berada di Kroasia untuk melakukan pemusatan latihan. Pasukan Shin Tae-yong diyakini tetap akan melanjutkan agenda pemusatan latihan di Kroasia.

Bahkan, PSSI sedang melobi Spanyol dan Portugal untuk meminta izin menggelar pemusatan latihan di negara tersebut. Timnas Indonesia U-19 akan melanjutkan pemusatan latihan ke satu dari dua negara tersebut untuk mematangkan persiapan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer