Sukses


PSSI Memastikan Juara Shopee Liga 1 2020 Tidak Lolos ke Liga Champions Asia

Bola.com, Medimurje - PSSI memastikan kampiun Shopee Liga 1 2020 tidak akan berpartisipasi di Liga Champions Asia (LCA) pada tahun depan. Pasalnya, Indonesia kehilangan jatah untuk turnamen paling bergengsi antarklub Asia tersebut.

Tiga tahun terakhir, juara Shopee Liga 1 selalu lolos ke babak eliminasi pertama LCA. Namun, mulai 2021, kuota Indonesia direbut oleh Korea Utara. Mengapa demikian? Karena tim-tim Indonesia melempem ketika bertanding di turnamen tersebut.

Indonesia terlempar dari 12 besar negara-negara regional Timur untuk LCA 2021. Korea Utara, yang mulanya berada di luar pusaran ini, melesat ke peringkat ketujuh karena konsistensi klubnya, April 25, di turnamen antarklub Asia.

April 25 adalah runner up AFC Cup 2019 setelah dikalahkan wakil Lebanon, Al-Ahed, dengan skor 0-1.

"Betul Indonesia kehilangan jatah untuk LCA pada tahun depan. Secara resmi nanti akan disampaikan oleh AFC," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi.

Nantinya, jawara Shopee Liga 1 musim ini hanya akan melaju ke penyisihan grup AFC Cup 2021. Sementara runner up kompetisi, juga lolos ke turnamen yang sama namun harus mengawali kiprah dari babak play-off.

Adapun, AFC resmi memberhentikan LCA dan AFC Cup tahun ini. Akibat pandemi COVID-19 yang berkepanjangan, dua turnamen tersebut diputuskan untuk dibatalkan.

Video

2 dari 2 halaman

Kiprah 2 Wakil Indonesia di LCA

Bali United dan Persija Jakarta pernah menjadi wakil Indonesia di LCA dalam tiga tahun terakhir.

Laju Bali United di LCA 2018 terhenti di babak eliminasi kedua setelah kalah 1-2 dari wakil Thailand, Chiangrai United dalam satu leg. Dua tahun berselang, tim berjulukan Serdadu Tridatu ini juga tersingkir di tahapan yang sama setelah dibantai klub Australia, Melbourne Victory, dengan skor 0-5.

Pencapaian Persija di LCA tidak lebih baik dari Bali United. Langkah Macan Kemayoran juga terganjal di babak eliminasi kedua. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu tunduk di tangan tim Australia, Newcastle Jets 1-3.

Dalam tabel klasemen negara Asia berdasarkan Footy Rankings, Indonesia berada di peringkat ke-28 dengan raihan 12.550 poin. Shopee Liga 1 tertinggal dari sejumlah kompetisi di Asia Tenggara seperti Thailand yang berada di posisi ke-8, Filipina ke-13, Vietnam ke-16, dan Malaysia ke-18.

Video Populer

Foto Populer