Sukses


Timnas Indonesia U-16 Ambil Hikmah Penundaan Piala AFC U-16 2020

Bola.com, Bandung - Penyerang Timnas Indonesia U-16, Diandra Diaz Dewari, mengambil hikmah atas penundaan Piala AFC U-16 2020. Menurut Andra, penundaan tersebut membuat Timnas U-16 memiliki banyak waktu untuk mematangkan persiapan.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi mengambil keputusan untuk menunda Piala AFC U-16 2020. Keputusan itu diambil dalam pertemuan Komite Eksekutif AFC yang diadakan secara virtual pada Kamis (10/9/2020).

AFC merasa tidak siap untuk menggelar Piala AFC U-16 dan Piala AFC U-19 dalam situasi pandemi seperti ini. Pertimbangannya adalah faktor kesehatan, keamanan, dan keselamatan pemain yang menjadi prioritas.

Timnas Indonesia U-16 sudah menggelar dua pemusatan latihan pada Juli dan Agustus 2020 untuk persiapan Piala AFC U-16 2020. Namun, adanya penundaan tersebut tentu saja bisa membuat pasukan Bima Sakti itu lebih mematangkan persiapan timnya.

"Ada hal positifnya dari penundaan Piala AFC U-16. Kami jadi punya lebih banyak waktu buat persiapan, membangun kekompakan agar lebih bagus, dan meningkatkan fisik," kata Andra.

AFC belum memberikan sinyal kapan Piala AFC U-16 bakal digelar. Namun, turnamen tersebut direncanakan bisa digelar pada awal 2021.

"Yang lebih penting, saya tetap fokus latihan karena di Timnas Indonesia U-16 sistem promosi dan degradasi masih berjalan. Saya ingin mempertahankan posisi agar saat Piala AFC U-16 tahun depan digelar, bisa tampil untuk Timnas," tegas pemain Persib Bandung itu.

2 dari 3 halaman

Piala AFC U-19 Juga Ditunda

Tak hanya Timnas Indonesia U-16 yang mengambil hikmah dari penundaan Piala AFC U-16 2020, namun juga Timnas Indonesia U-19. AFC juga menunda Piala AFC U-19 2020 yang sejatinya digelar pada Oktober mendatang.

Pasukan Shin Tae-yong itu juga mengambil hikmah dari penundaan tersebut. Apalagi, saat ini Timnas U-19 masih menggelar pemusatan latihan di luar negeri.

Tim Garuda Muda kabarnya bakal melanjutkan pemusatan latihan di luar negeri. PSSI sedang mengupayakan agar Witan Sulaeman dkk. bisa melakukan pemusatan latihan di Portugal atau Spanyol.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer