Sukses


Mantan Bek Persib Soroti Pertahanan Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Jakarta - Mantan bek Persib Bandung, Roy Darwis, menyoroti kinerja pertahanan Timnas Indonesia U-19 selama pemusatan latihan dan uji coba di Kroasia. Menurutnya, masih banyak PR yang mesti diselesaikan oleh pelatih Shin Tae-yong.

Hasil uji coba Timnas Indonesia U-19 selama pemusatan latihan (TC) di Kroasia dinilai belum memuaskan. Dari lima pertandingan, tim asuhan Shin Tae-yong itu hanya menang satu kali lawan Qatar (2-1), dua kali kalah oleh Bulgaria (0-3) dan Kroasia (1-7), kemudian dua kali seri lawan Arab Saudi (3-3) dan Qatar (1-1).

Melihat kinerja Timnas Indonesia U-19 di Kroasia dalam lima kali uji coba, mantan pemain bertahan Persib Bandung, Roy Darwis menyebutkan bahwa lini pertahanan timnas U-19 memang menjadi PR bagi Shin Tae-yong.

"Jika melihat jumlah gol ke gawang lawan dan gol ke gawang timnas kita, berarti pertahanan kita yang jadi PR," tegas Roy saat dihubungi Bola.com, Selasa (22/9/2020).

Karena itu lanjut Roy, Shin Tae-young harus cepat membenahi kesalahan-kesalahan yang sekiranya lemah, terutama di lini pertahanan.

"Menang atau kalah tidak jadi masalah, yang penting pemain bisa menjalankan instruksi pelatih, dengan setiap lawan yang berbeda kualitasnya. Biasanya uji coba merupakan ajang pemilihan pemain inti buat nanti," ungkap Roy.

Namun, jika melihat jumlah gol ke gawang Timnas Indonesia U-19, maka lini pertahanan yang benar-benar harus dibenahi.

"Memang awal pertahan itu pertama dari pemain depan, tengah, belakang dan terakhir penjaga gawang, jadi masing-masing punya tanggung jawab untuk menjaganya," ujarnya.

 

2 dari 4 halaman

Manfaatkan Waktu yang Ada

Namun, adik dari Robby Darwis ini percaya terhadap pelatih Shin Tae-yong dengan kemampuannya sebagai pelatih asing yang selalu menomor satukan kualitas kesiapan pemain.

"Masih banyak waktu untuk membenahi lini pertahanan apalagi ajang uji coba merupakan gambaran untuk kerangka tim dan saya melihat masih banyak yang harus dibenahi, terutama tingkat kemasukan gol, artinya lini pertahanan harus diperbaiki," tegas Roy.

"Tapi lini belakang rawan, ini harus selalu tambal sulam, ketika teman kita sudah berlawanan, di belakangnya harus selalu ada teman yang nge-backup, selalu seperti itu," ucap Roy lagi.

 

3 dari 4 halaman

Komentarnya Soal Beckham Putra

Disinggung aksi gelandang muda Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha bersama Timnas U-19, Roy menilai penampilan Beckham lumayan bagus.

"Beckham tinggal kerjasama dengan teman-temannya, saling mengetahui karakter, dan ada kemauan masing-masing. Dia tampil percaya diri dan masih bisa lebih meningkatkan kualitasnya," ucap Roy mengakhiri.

Timnas Indonesia U-19 rencananya kembali beruji coba pada Jumat (25/9/2020) kontra Bosnia dan Herzegovina, kemudian pada Senin (28/9/2020) kontra Dinamo Zagreb.

4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer