Sukses


Sebelum Pengumuman Lanjutan Shopee Liga 1 2020 Ditunda, PSSI dan PT LIB Lakukan Penyegaran Perangkat Pertandingan

Bola.com, Yogyakarta - Lanjutan Shopee Liga 1 2020 yang seharusnya berlangsung awal Oktober telah diumumkan ditunda lantaran kepolisian tidak memberikan izin keramaian akibat pandemi virus corona.

Hanya saja sebelum pengumuman itu dirilis, PSSI dan PT LIB telah menggelar penyegaran untuk perangkat pertandingan. Adapun penyegaran para wasit dilakukan di Cavinton Hotel, Yogyakarta, 22-28 September 2020 kemarin.

Selama satu pekan sudah penyegaran para korps berbaju hitam ditempuh dan diikuti oleh 44 wasit dan asisten yang akan bertugas di Liga 1 2020. Langkah ini dilakukan agar para perangkat pertandingan dapat bekerja dengan maksimal terutama menyangkut protokol kesehatan saat kompetisi digelar di tengah pandemi COVID-19.

Para peserta harus melalui tahapan swab test sebelum mengikuti penyegaran wasit. Baik PT LIB maupun tetap melakukan protokoler kesehatan secara ketat mengingat wabah COVID-19 yang masih belum reda

"Penyegaran wasit dan asisten wasit merupakan agenda pra musim yang sangat menentukan. Karena itu, dari kegiatan ini, kami sangat disiplin dalam menerapkan protokoler kesehatan pada semua detail kegiatan," kata Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

Pihaknya berharap para peserta penyegaran wasit dapat disiplin dalam protokoler kesehatan, mengingat pandemi COVID-19 yang masih terus mengancam.

Tidak hanya para perangkat pertandingan, PT LIB Dan PSSI turut menggelar medical workshop secara virtual untuk seluruh peserta penyegaran.

 

2 dari 3 halaman

220 Peserta

Tercatat kegiatan penyegaran wasit diikuti sebanyak 220 peserta yang terdiri dari dokter tim dari klub yang akan ikut Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 serta tenaga medis yang akan ikut dalam kompetisi.

"Dalam situasi seperti ini, disiplin dalam hal protokoler kesehatan menjadi kebijakan yang tak bisa ditawar lagi. Pada agenda pra musim yang resmi, disiplin kesehatan itu kami awali dari kegiatan penyegaran wasit dan asisten wasit," jelas Akhmad Hadian Lukita.

Meski telah dilakukan penyegaran, para perangkat pertandingan untuk sementara harus menunda pekerjaannya. Pasalnya PSSI resmi menunda pelaksanaan kompetisi baik lanjutan Liga 1 2020 dan kasta Liga 2 hingga kurun waktu satu bulan ke depan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer