Sukses


Penundaan Shopee Liga 1 2020 Diyakini Bisa Pengaruhi Status Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Bola.com, Gianyar - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, mengkhawatirkan nasib Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 setelah Shopee Liga 1 2020 diputuskan untuk ditunda. Menurut Teco, penundaan tersebut bisa saja membuka peluang FIFA untuk meninjau kembali status tuan rumah yang dimiliki Indonesia.

Piala Dunia U-20 2021 menjadi satu dari sejumlah alasan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan untuk melanjutkan kompetisi Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2. Namun, dua hari sebelum jadwal kickoff yang direncanakan, Kepolisian Republik Indonesia tak memberikan izin keramaian dan pertandingan Liga 1 dan Liga 2.

Pihak Kepolisian berdalih, situasi belum kondusif menggelar kompetisi sepak bola karena masih tingginya angka penyebaran Covid-19 di Indonesia. PSSI dan PT LIB akhirnya memutuskan untuk menunda lagi kompetisi selama sebulan kedepan.

"FIFA bisa melihat kenapa liga di Indonesia tidak berjalan. Bahkan, FIFA bisa berpikir untuk mengganti tempat Piala Dunia U-20 ke negara lain," kata Teco.

Andai hal itu terjadi, Teco menyebut penundaan kompetisi akan menjadi kerugian besar buat Indonesia secara keseluruhan. Timnas Indonesia U-19 gagal menjaga harapan bersaing dan masyarakat yang juga pupus harapan menonton Piala Dunia U-20 2021.

"Kalau sudah seperti itu, kasihan semua masyarakat di Indonesia yang hilang kesempatan untuk menonton langsung Piala Dunia. Timnas Indonesia U-19 juga pasti punya peluang lebih besar ketika bermain di negara sendiri," tegas pelatih asal Brasil itu.

Sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari PSSI terkait respons FIFA soal penundaan Shopee Liga 1 2020. Dengan demikian, Indonesia masih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 yang digelar Mei-Juni tahun depan.

2 dari 3 halaman

Harga Diri Bangsa

Piala Dunia U-20 2021 menjadi ajang pertaruhan harga diri bangsa. Indonesia sebagai penyelenggara bertekad menyukseskan event akbar tersebut tanpa hambatan.

Sejumlah persiapan mulai renovasi stadion gencar dilakukan. Tak hanya itu, Timnas Indonesia U-19 juga diharapkan bisa bersaing pada ajang dua tahunan tersebut.

PSSI mengirim Timnas U-19 ke pemusatan latihan di luar negeri untuk mematangkan persiapan. Dengan demikian, akan menjadi kerugian besar jika pada akhirnya status tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 beralih ke negara lain.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer