Sukses


Jelang Keberangkatan ke UEA, Timnas Indonesia U-16 Menjalani Swab Test

Bola.com, Jakarta - Pemain, pelatih, dan ofisial Timnas Indonesia U-16 melakukan swab test, Sabtu (17/10/2020). Pemeriksaan itu dilakukan jelang keberangkatan ke Uni Emirat Arab (UEA).

Adanya swab test ini dilakukan agar pemain, pelatih, dan ofisial yang akan berangkat ke UEA benar-benar dalam keadaan sehat dan terhindar dari COVID-19. Pemeriksaan swab Timnas Indonesia U-16 dilakukan di dua tempat terpisah.

Pemain, pelatih, dan ofisial yang berdomisili di Jabodetabek melakukan swab test di RS Royal Progress. Adapun yang berasal dari luar Jabodetabek melakukan swab test di Hotel Oakwood Residence.

Kepala Tim Medis PSSI, Dokter Syarif Alwi, mengatakan pemeriksaan swab dilakukan sebagai syarat wajib jelang keberangkatan ke UEA. Melalui pemeriksaan usap ini akan diketahui kondisi kesehatan dari para pemain, pelatih, dan ofisial.

"Para pemain dan ofisial harus di-swab PCR sebelum berangkat ke Uni Emirat Arab. Mereka dua kali menjalani swab, di daerah asal dan sebelum keberangkatan ke luar negeri," kata Syarif Alwi seperti dikutip situs resmi PSSI, Sabtu (17/10/2020).

"Kasus COVID-19 di Indonesia dan Uni Emirat Arab masih tinggi. Jadi, protokol kesehatan menyangkut swab harus dan wajib dilaksanakan," tegas pria yang akrab disapa Papi itu.

Timnas Indonesia U-16 akan bertolak ke UEA pada Senin (19/10/2020) petang WIB. Pasukan Bima Sakti bakal melakukan pemusatan latihan dan melakoni dua laga uji coba di sana.

2 dari 3 halaman

Mematangkan Persiapan

Pemusatan latihan di Uni Emirat Arab (UEA) dilakukan sebagai persiapan tampil di Piala AFC U-16 yang bakal digelar tahun depan. Nantinya, Timnas Indonesia U-16 bakal menghadapi UEA dalam dua laga uji coba yang digelar pada 21 dan 24 Oktober 2020.

"Para pemain akan mendapat jam terbang karena mereka akan menghadapi tim yang saya yakin levelnya bagus," kata Bima Sakti.

"Ini juga menjadi tolok ukur kami nanti ke depan. Cara bermain Uni Emirat Arab dan kualitasnya seperti tim Arab Saudi, yang akan menjadi calon lawan kami nanti di Piala AFC," ujar Bima Sakti.

Timnas Indonesia U-16 tergabung di Grup D Piala AFC U-16. Selain Arab Saudi, nantinya mereka juga akan menghadapi Jepang dan China.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer