Sukses


Timnas Indonesia U-19 Ikuti Turnamen Toulon pada Desember 2020, Bisa Hadapi Inggris hingga Prancis

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan memastikan bahwa Timnas Indonesia U-19 akan ambil bagian dalam Turnamen Toulon 2020. Rencananya, hajatan tersebut bakal digelar di Provence-Alpes-Cote d'Azur, Prancis, pada 23 Desember 2020-7 Januari 2021.

Selain berpartisipasi di Turnamen Toulon, Timnas Indonesia U-19 juga bakal melaksanakan pemusatan latihan di Prancis. Skuat Garuda Muda ini baru akan kembali ke Tanah Air pada 23 Januari 2021.

"Timnas Indonesia U-19 akan melanjutkan pemusatan latihan di Prancis pada Desember 2020 hingga Januari 2021 dan mengikuti Turnamen Toulon. Kami ingin mereka selain berlatih, juga beruji coba di Prancis," kata Iriawan pada konferensi pers setelah rapat terbatas mengenai perkembangan persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021, Selasa (20/10/2020).

Keikutsertaan Timnas Indonesia U-19 di Turnamen Toulon bertujuan untuk mematangkan persiapan sebelum menghadapi Piala AFC U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021. Selain itu, PSSI berharap tim berjulukan Garuda Muda ini dapat memetik banyak pengalaman dan pelajaran dari lawan yang levelnya lebih tinggi.

Saat ini, Timnas Indonesia U-19 tengah berada di Kroasia untuk berlatih dan beruji coba. Garuda Muda telah melahap sepuluh pertandingan dari 13 laga uji coba yang direncanakan.

"Untuk itu, kami secara optimal sengaja beruji coba melawan negara lain yang secara kemampuan berada di atas kami. Mereka pelan-pelan mulai bisa menyamai performa negara lain yang kualitasnya lebih tinggi," jelas pria yang karib dipanggil Iriawan itu.

2 dari 3 halaman

Calon Lawan Timnas Indonesia U-19

Lantas, siapa saja lawan yang kemungkinan akan dihadapi Timnas Indonesia U-19 di Turnamen Toulon?

Sejumlah pihak mengibaratkan Turnamen Toulon sebagai miniatur Piala Dunia untuk tim nasional usia muda. Gelaran ini pernah menghasilkan legenda sepak bola dunia, semacam Thierry Henry dari Prancis, Alan Shearer dari Inggris, dan Rui Costa dari Portugal.

Berdasarkan laporan Media Vietnam, Vnanet, sepuluh negara telah mengofirmasi keikutsertaannya di Turnamen Toulon. Jepang, Australia, Vietnam Kongo, Pantai Gading, Maroko, Meksiko, Inggris, Prancis, dan Rumania dipastikan akan mengikuti perhelatan tersebut.

Turnamen Toulon sebelumnya dijadwalkan akan digelar pada Juni 2020. Namun, karena pandemi COVID-19, pelaksanaannya diundur hingga Desember 2020.

Timnas Indonesia U-19 menjadi negara ke-11 yang mengonfirmasi keikutsertaan di Turnamen Toulon. Rencananya, hajatan ini bakal diikuti oleh 12 tim. Sebanyak 12 peserta tersebut akan dibagi ke dalam tiga grup.

Timnas Indonesia U-19 pernah berpartisipasi pada edisi 2017. Namun, Garuda Muda hanya menjadi bulan-bulanan tim lawan akibat selalu kalah dalam tiga pertandingan di babak penyisihan.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer