Sukses


Pimpin Rapat Persiapan Piala Dunia U-20 2021, Presiden Jokowi Menyoroti Venue dan Protokol Kesehatan

Bola.com, Bogor - Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas (ratas) persiapan Piala Dunia U-20 2021 yang digelar melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/10/2020). 

Indonesia akan menggelar Piala Dunia U-20 2021 pada Mei-Juni tahun depan. Pada rapat bertajuk Perkembangan Persiapan Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021, Presiden Jokowi meminta laporan dari persiapan penyelenggaraan.

Rapat tersebut diikuti Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, hingga Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Jokowi berpesan agar persiapan venue dan juga Timnas Indonesia U-19 berjalan lancar.

"Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 2021 mendatang. Pertandingannya akan digelar di enam provinsi yakni DKI Jakarta, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali," kata Jokowi.

"Waktunya kurang dari setahun lagi. Karena itu, saya perlu mengecek kesiapan stadion utama dan stadion pendukung di enam provinsi tadi, juga kesiapan tim nasional kita," ucap Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga berharap agar Indonesia mampu meyakinkan dunia sebagai tempat yang aman untuk menggelar Piala Dunia U-20 2021. Penerapan protokol yang ketat harus dilakukan demi memastikan Indonesia aman untuk dikunjungi oleh tim peserta dan suporter.

"Dan yang paling penting, kita harus meyakinkan bahwa Indonesia telah mempersiapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga aman untuk dikunjungi dan dijadikan tempat untuk penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 2021," tegas Jokowi.

2 dari 3 halaman

Saling Koordinasi

Piala Dunia U-20 2021 menjadi event akbar yang mempertaruhkan harga diri Indonesia sebagai penyelenggara. Hal inilah yang membuat persiapan Piala Dunia U-20 2021 dilakukan secara matang.

Presiden Jokowi telah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 8 Tahun 2020 tentang Dukungan Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2021 pada 15 September lalu. Isinya adalah semua pihak untuk saling berkoordinasi dan mendukung untuk menyukseskan event dua tahunan tersebut.

Presiden memerintahkan kepada sejumlah Menteri, Kepala Lembaga, serta Kepala Daerah, untuk mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing. Semuanya harus secara terkoordinasi dan terintegrasi mendukung penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021.

Presiden Jokowi juga mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2020 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 (UNAFOC). Panitia itu mempunyai tugas menyiapkan dan menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2021 yang akan diselenggarakan di enam provinsi tersebut.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer