Sukses


Kapten Timnas Indonesia U-16 Beberkan Kelemahan Timnya Jelang Laga Kontra UEA U-16 Jilid Kedua

Bola.com, Jakarta - Kapten Timnas Indonesia U-16, Marcell Januar Putra mengatakan, ada beberapa kekurangan jelang duel kedua kontra Uni Emirat Arab (UEA) U-16 di Lapangan Federasi Sepak Bola UEA, Dubai, Sabtu (24/10/2010). Satu di antaranya adalah masalah koordinasi.

Kelemahan itu dilihatnya saat laga uji coba pertama Rabu (21/10) lalu. Pada pertandingan tersebut, Timnas Indonesia U-16 kalah 2-3, setelah sempat memimpin 2-1 di babak pertama.

"Yang harus diperbaiki adalah komunikasi. Lalu jarak antar lini dari depan ke tengah, dan tengah ke depan," ujar Marcell, disadur dari laman PSSI, Jumat (23/10).

"Dengarkan instruksi pelatih dan terapkan apa yang sudah kita lakukan selama latihan,” katanya menambahkan.

Hal senada juga diucapkan oleh punggawa Timnas Indonesia U-16 lainnya yaitu Dimas Juliono Pamungkas. Pemain yang berposisi sebagai center back ini juga mengungkapkan apa saja yang perlu diwaspadai timnya pada pertemuan kedua melawan UEA U-16.

“Komunikasi antar pemain dalam tim kita harus lebih baik lagi, koordinasi antar lini diperketat," tuturnya.

"Yang pasti kita harus bisa mengantisipasi set piece dan crossing yang sering dilakukan tim lawan,” imbuh Dimas.

 

Video

2 dari 2 halaman

Lakukan Rotasi

Pelatih tim, Bim Sakti, mengisyaratkan bakal merotasi skuad untuk pertandingan ini. Saat pertandingan uji coba pertama, Timnas Indonesia U-16 menelan kekalahan 2-3 dari UEA, Rabu (21/10/2020).

Pada laga itu, Bima Sakti menurunkan susunan pemain terbaiknya. Namun, Bima Sakti akan melakukan rotasi pemain dalam laga kedua nanti demi bisa melihat seluruh kemampuan dari anak asuhnya.

Bima Sakti tidak menekankan hasil uji coba, melainkan pengalaman bertanding pemainnya.

"Besok ada beberapa rotasi pemain yang kami coba. Uji coba ini menjadi bagian dari persiapan kami jelang putaran final Piala AFC U-16 mendatang," kata Bima Sakti seperti dikutip situs resmi PSSI, Jumat (23/10/2020).

"Bukan hanya soal hasil, akan tetapi kami persiapkan semua pemain untuk bisa siap dalam semua pertandingan. Sehingga setiap pemain memiliki jam terbang dan pengalaman pada laga internasional secara merata," tegas Bima Sakti.

Tak hanya Timnas Indonesia U-16, UEA juga diyakini bakal melakukan sejumlah perubahan. Sama seperti Timnas Indonesia U-16, UEA menjadikan laga uji coba ini sebagai persiapan tampil di Piala AFC U-16 tahun depan.

Disadur dari: Bola.net (Mustopa El Abdy/Dimas Ardi Prasetya, published 23/10/2020)

Video Populer

Foto Populer