Sukses


PSSI Ungkap Kesulitan Membuat Agenda untuk Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Kondisi Timnas Indonesia senior kini memprihatinkan. PSSI terlalu fokus dengan timnas U-19. Akibatnya, tim berjulukan Skuad Garuda itu agak terlantar.

Padahal, Timnas Indonesia akan menghadapi dua turnamen penting dalam waktu dekat. Garuda Muda bakal tampil di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia putaran kedua pada Maret 2021. Sebulan berselang, timnas senior akan berjuang di Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia terakhir kali dikumpulkan pada Agustus 2020 berbarengan dengan timnas U-19. Ketika timnas U-19 menggelar pemusatan latihan di Kroasia pada Agustus-Oktober 2020 dan di Jakarta pada bulan ini, timnas senior masih minim kegiatan.

PSSI bukan tanpa upaya membuat agenda untuk Timnas Indonesia. Sempat ada keinginan untuk berlatih di luar negeri atau pun mendatangkan negara lain ke Tanah Air demi laga uji coba. Namun, percobaan itu kandas akibat pandemi COVID-19.

Dalam waktu dekat, timnas U-19 akan kembali berguru ke luar negeri. Dua negara, Korea Selatan dan Spanyol tengah dipertimbangkan. Mirisnya, Timnas Indonesia tidak akan diajak dalam pemusatan latihan tersebut.

"Timnas Indonesia tidak ikut, hanya timnas U-19 saja. Agenda untuk timnas senior belum ada. Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri dan anggota Komite Eksekutif sempat mengkaji ke beberapa negara, namun susah," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

"Kalau mengundang negara lain ke Indonesia juga sulit. Mereka tidak mau. Kami sebenarnya ingin ke luar negeri. Namun negara-negara tengah menutup diri," jelasnya.

Video

2 dari 2 halaman

Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah menetapkan jadwal ulang untuk lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia putaran kedua, yang juga menjadi Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia akan kembali bermain pada Maret dan Juni 2021.

Komite Kompetisi AFC bersepakat untuk kembali menggulirkan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada Maret 2021 untuk matchday ke-7 dan ke-8. Selain itu, pertandingan ke-9 dan ke-10 akan dirampungkan pada Juni 2021.

Timnas Indonesia telah dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Namun, tim berjulukan Skuat Garuda itu masih punya kans untuk melaju ke Piala Asia 2023 lewat jalur kualifikasi.

Dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023, Timnas Indonesia masih berstatus juru kunci Grup G. Skuat Garuda selalu kalah dalam lima pertandingan.

Timnas Indonesia masih menyisakan tiga pertandingan di babak ini. Masing-masing menghadapi Thailand, Uni Emirat Arab (UEA), dan Vietnam.

Pertandingan melawan Thailand dan UEA dijadwalkan digelar pada Maret 2021. Adapun, partai menghadapi Vietnam akan bergulir pada Juni 2021.

Video Populer

Foto Populer