Sukses


Jayden Oosterwolde Pilih Belanda, Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia U-19 Gigit Jari

Bola.com, Jakarta - Pupus sudah harapan pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, untuk meminang Jayden Oosterwolde. Bek FC Twente itu telah menjatuhkan pilihan membela Timnas Belanda.

Darah Indonesia disebut-sebut mengalir dalam tubuh Jayden Oosterwolde. Dia lahir di Zwolle. Belanda, pada 26 April 2001. Usianya kini 19 tahun, cocok terhadap kriteria Shin Tae-yong, yang cenderung tertarik dengan pemain muda untuk dinaturalisasi demi Piala Dunia U-20 2021.

Dihimpun dari situs twentefans.nl, Jayden Oosterwolde memiliki garis keturunan Suriname. Negara di Benua Amerika ini banyak didatangi pendatang dari Indonesia sekitar satu abad yang lalu.

"Bek sayap kiri Twente, Jayden Oosterwolde, sudah dipastikan tidak bisa diproyeksikan untuk Timnas Indonesia U-19. Dia lebih memilih Belanda. Padahal, Shin Tae-yong ngebet banget dengan dia," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Setelah melalui beberapa tahun di tim junior Twente, Jayden Oosterwolde dipromosikan ke tim senior mulai musim ini. Dia menjawab kepercayaan klub dengan baik. Sang wonderkid selalu bermain dalam sembilan laga di Eredivisie musim ini. Pada September 2020, ia dipanggil masuk skuad Timnas Belanda U-19.

2 dari 3 halaman

Sisa Delapan Pemain

Pada bulan depan, PSSI berencana mengirimkan Timnas Indonesia U-19 ke Catalunya, Spanyol, untuk berguru di sana. Rencananya, Shin tae-yong akan memantau sembilan pemain keturunan dalam pemusatan latihan itu.

Karena Jayden Oosterwolde menolak, maka sisa delapan pemain yang bakal dipantau kemampuannya oleh pelatih asal Korea Selatan tersebut. Shin Tae-yong kekeuh ingin menyaksikan aksi para pemain itu secara langsung, alih-alih percaya terhadap rekam jejak karier.

"Mudah-mudahan, pemain keturunan dari Belanda bisa masuk ke Spanyol. Shin Tae-yong ingin melihat langsung dan tatap muka. Tadinya ada sembilan pemain, satu sudah dipastikan tidak bisa," ucap Yunus Nusi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer