Sukses


Shopee Liga 1: Arema Dilema Jika Ada Klub Luar Negeri yang Serius Ingin Pinjam Pemainnya

Bola.com, Malang - Belum pastinya kelanjutan Shopee Liga 1 2020 membuat pesepak bola di Tanah Air mulai melirik tampil di kompetisi negara tetangga. Terbaru, pemain Persipura Jayapura, Todd Ferre, dipinjam klub kasta kedua liga Thailand, Lampang FC.

Setelah itu bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo, dipinjam klub Malaysia, Penang FA. Bisa jadi akan lebih banyak pemain yang tampil di negara tetangga jika kompetisi di Indonesia tak kunjung bergulir.

Namun, Arema FC sebagai salah satu kontestan Liga 1 masih bingung jika nantinya ada tawaran serius dari klub luar negeri yang ingin meminjam pemainnya.

"Sampai saat ini belum ada klub luar negeri yang ingin meminjam pemain. Baru agen saja yang izin. Tetapi, belum ada pembahasan yang serius," ujar General Manager Arema, Ruddy Widodo.

"Jujur kami bingung. Di satu sisi, manajemen ingin mendukung pemain. Kasihan mereka kalau menunggu dalam situasi seperti di Indonesia saat ini. Tetapi khawatir juga jika tiba-tiba kompetisi jalan, kami kurang pemain," jelasnya.

Untuk masalah gaji saat ini, pemain Arema mendapat bayaran 25 persen selama masa tunggu kompetisi. Itu sesuai dengan surat keputusan PSSI. Jika bermain di negara lain, secara gaji diprediksi akan lebih tinggi.

"Jika ada tawaran serius, nanti harus dipertimbangkan juga oleh manajemen Arema dan pemain. Jika main di negara tetangga, kami tidak ingin pemain lewat proses seleksi. Gaji dan fasilitasnya juga harus bagus, karena pajak di sana juga tinggi," sambung Ruddy.

 

2 dari 3 halaman

Berpotensi Main di Luar Negeri

Jika melihat komposisi pemain Arema, ada beberapa nama potensial yang bisa bermain di luar negeri, terutama yang punya label pemain timnas. Seperti Ahmad Alfarizi, Hendro Siswanto, Dendi Santoso, Dedik Setiawan dan lainnya.

Pada musim 2014 silam, Hendro sempat diminati klub Liga Jepang, Consadole Sapporo. Namun, dia melewatkan kesempatan itu karena sedang mempersiapkan pernikahan.

Sehingga sampai sekarang Hendro masih bertahan di Arema. Adapun dua pemain muda, Hanif Sjahbandi dan Bagas Adi, sempat melakukan trial untuk Liga Jepang sebelum bergabung dengan Arema. Namun, keduanya hanya sampai proses seleksi saja.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer