Sukses


Nasib TC Timnas Indonesia U-19 di Luar Negeri Menunggu Kehadiran Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengonfirmasi Shin Tae-yong pulang ke Indonesia pada 11 Desember 2020. Setelah itu, pihaknya baru bisa membuat keputusan terkait negara tujuan lanjutan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19.

Shin Tae-yong sejatinya dijadwalkan tiba di Indonesia pada 1 Desember lalu. Namun, ada sejumlah kendala yang membuat pelatih asal Korea Selatan itu baru bisa kembali pada 11 Desember mendatang.

Kembalinya Shin Tae-yong ke Indonesia bakal menandai kelanjutan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Rencananya, Irfan Jauhari dkk. akan bertolak ke luar negeri setelah Shin Tae-yong tiba di Indonesia.

Namun, Yunus Nusi belum mau memastikan negara tujuan pemusatan latihan Timnas U-19. Sejauh ini, ada dua kandidat yang berpeluang, yakni Catalunya dan Korea Selatan.

"Saya sudah melakukan komunikasi lagi dengan Direktur Teknik Indra Sjafri. Rencananya, Shin Tae-yong baru kembali ke Indonesia pada 11 Desember mendatang," kata Yunus Nusi.

"Untuk TC luar negeri bisa saja setelah tanggal 11 Desember. Untuk negaranya, masih belum bisa kami katakan. Kalau sudah beli tiket baru berani saya bilang fix ke negara mana," tegas Yunus Nusi.

Pemusatan latihan luar negeri merupakan program lanjutan dari Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia U-19. Kegiatan ini dilakukan untuk makin mematangkan persiapan menuju Piala AFC dan Piala Dunia U-20 2021.

2 dari 3 halaman

Catalunya Lebih Berpeluang

Yunus Nusi menambahkan, peluang Catalunya lebih besar sebagai tempat pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 ketimbang Korea Selatan. Bahkan, persentase kans Catalunya sebagai pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 telah mencapai 80 persen.

"Hampir bisa dipastikan Timnas Indonesia U-19 berlatih ke Spanyol. Sudah 80 persen. Kami tinggal menunggu pengurusan visa dan kedatangan Shin Tae-yong," imbuh Yunus Nusi.

Selama berada di luar negeri, Timnas Indonesia U-19 diyakini bakal melakukan sejumlah pertandingan uji coba. Kegiatan itu dilakukan untuk mengukur kemampuan dan kualitas dari para pemain.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer