Sukses


Arema FC Berharap Ada Jaminan dari Kepolisian Terkait Kelanjutan Shopee Liga 1 2020

Bola.com, Malang - Manajemen Arema FC sudah tiga kali menunda program latihan. Itu menjadi bukti jika Tim Singo Edan masih ragu dengan kepastian lanjutan Shopee Liga 1.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah menyatakan jika Shopee Liga 1 2020 akan berlanjut pada Februari 2021. Tetapi, belum adanya garansi dari kepolisian membuat Arema dan klub lainnya merasa ragu.

Pasalnya, pada 1 Oktober lalu, semua tim peserta sudah bersiap untuk melanjutkan kompetisi. Akan tetapi, polri tidak mengeluarkan izin pertandingan tiga hari menjelang kick-off,

"Untuk saat ini tidak masalah, mungkin kepolisian masih fokus dengan Pilkada (9 Desember). Tetapi, kalau bisa 10 hari setelah itu, ada pertemuan polri dengan PT LIB dan menghasilkan hitam di atas putih. Tentunya izin tertulis dari kepolisian, agar klub yakin untuk melakukan persiapan," kata General Manager Arema, Ruddy Widodo.

Selain itu, klub dan PT LIB juga bisa meyakinkan sponsor agar mau mencairkan dana. Sehingga ada amunisi bagi klub untuk membayar gaji dan operasionalnya tim.

"Kalau ada surat garansi dari kepolisian, itu sudah membantu klub dan operator. Selain bisa melakukan persiapan, juga untuk meyakinkan sponsor," ujar Ruddy.

"Dulu LIB bisa mendapatkan surat persetujuan melanjutkan kompetisi dari BNBP (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Semoga kepolisian setelah Pilkada bisa mengeluarkan surat seperti itu," sambungnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Dua Penyebab Tak Dapatkan Izin

Polri tidak memberikan izin kompetisi sepak bola dilanjutkan karena dua hal, yakni pandemi virus corona belum berlalu dan persiapan Pilkada.

Sampai saat ini, penyebaran COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Hingga Desember 2020, kasus positif COVID-19 di Indonesia sudah mencapai angka 500 ribu lebih.

"Semoga saja semua bisa teratasi. Klub siap berkampanye hidup sehat juga. Apa saja poin-poin yang dilarang untuk menjalankan protokol kesehatan kami siap menerima,” tegasnya.

Untuk menjalankan protokol kesehatan, PSSI dan PT LIB memutuskan semua laga lanjutan Liga 1 digelar tanpa penonton. Setiap dua minggu sekali, semua pemain dan ofisial menjalankan swab test.

Selain itu, ada beberapa pemeriksaan di pintu masuk stadion. Arema sudah siap menjalankan semua protokol kesehatan tersebut.

Video Populer

Foto Populer