Sukses


Tunggu Pinangan Timnas Indonesia, Penyerang Muda Ajax Jadikan Timnas Belanda Pilihan Masa Depan

Bola.com, Jakarta - Noah Gesser membuka kemungkinan untuk membela Timnas Indonesia, terutama timnas U-16, untuk saat ini. Namun, kala usianya telah melewati 20 tahun, penyerang Ajax Amsterdam U-16 itu lebih memilih untuk membela Timnas Belanda.

Noah Gesser adalah satu dari banyak pemain muda keturunan Indonesia di Belanda yang terus didorong warganet untuk dinaturalisasi oleh PSSI. Darah Indonesia Noah Gesser mengalir dari orang tua ibunya yang berasal dari Jakarta. Adapun, ayahnya asli Belanda.

Saat ini, Noah Gesser mengaku belum pernah memperkuat Timnas Belanda level usia, tapi pernah dipanggil mengikuti seleksi. Hanya saja, pemain kelahiran 27 Februari 2005 itu gagal terpilih.

"Saya belum pernah membela Timnas Belanda level usia. Namun sudah pernah diundang 4 sampai 5 kali untuk mengikuti seleksi. Saat itu, saya 2 sampai 3 kali gagal. Tapi, saya masuk daftar tunggu. Jadi, jika ada pemain yang tak bisa bermain, saya dapat dipanggil," kata Noah Gesser dalam wawancaranya di channel YouTube Yussa Nugraha.

"Kalau dipanggil Timnas Indonesia? Tergantung momennya. Kalau mereka memanggil saya ketika saya berusia 20 tahun, saya pikir saya sudah memilih untuk membela Timnas Belanda."

"Kalau Timnas Indonesia panggil saya sekarang, saya akan sangat mengapresiasinya. Kemungkinan besar saya akan datang saat ini juga. Sebab untuk Timnas Belanda level usia, semua aktivitas tahun ini sudah dibatalkan," ucapnya.

2 dari 3 halaman

Tak Bisa Menggaransi

Meski begitu, Noah Gesser belum tentu akan berkomitmen dengan Timnas Indonesia jika mendapatkan panggilan untuk saat ini. Sebab, di masa depan, striker yang membukukan 11 gol untuk Ajax U-16 itu masih berkesempatan memperkuat Timnas Belanda.

"Kalau diundang PSSI, saya tentu akan datang. Tapi, saya juga belum melihatnya sebagai pilihan permanen. Sebab, saya masih bisa menentukan untuk bermain bagi Timnas Belanda," imbuh Noah Gesser.

Sejauh ini, PSSI belum membuka opsi untuk menaturalisasi pemain keturunan bagi Timnas Indonesia U-16. Organisasi yang dipimpin oleh Mochamad Iriawan masih mencari pesepak bola blasteran yang diproyeksikan untuk Timnas Indonesia U-19 demi Piala Dunia U-20 2021.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer