Sukses


Jaga Kebugaran dan Pelajari Bahasa serta Budaya Kroasia, Bekal Brylian Aldama Jelang Gabung HNK Rijeka

Bola.com, Jakarta - Gelandang Timnas Indonesia U-19, Brylian Aldama, tengah bersiap untuk berangkat ke Kroasia untuk bergabung bersama HNK Rijeka. Sejumlah persiapan, baik teknis maupun non-teknis pun dilakukannya agar mudah beradaptasi di negara yang berada di Eropa itu.

Brylian Aldama mempersiapkan diri secara teknis dengan menjaga fisiknya tetap bugar dan prima sebelum berangkat ke Kroasia. Bahkan Brylian menggunakan jasa pelatih pribadi agar persiapannya makin maksimal.

Tidak hanya mempersiapkan diri dengan latihan yang efisien dan maksimal, Brylian juga menjaga pola makan dengan asupan yang sangat bergizi.

"Saya melakukan persiapan latihan, seperti gym dan latihan di lapangan. Saya juga memiliki private coach untuk melakukan semua persiapan ini," ujar Brylian Aldama kepada Bola.net, Selasa (8/12/2020).

"Selain itu, saya juga berusaha mencari makanan yang bagus," lanjut pemain kelahiran Surabaya itu.

Brylian Aldama akan membela HNK Rijeka, klub yang bermain di liga teratas Kroasia. Menurut informasi yang beredar, Brylian akan mendapatkan kontrak selama 1,5 tahun bersama klub kasta tertinggi sepak bola Kroasia itu.

2 dari 3 halaman

Mempelajari Bahasa dan Budaya

Brylian Aldama juga mulai mempelajari bahasa dan budaya milik negara yang menjadi runner-up Piala Dunia 2018 tersebut. Ini akan menjadi pengalaman pertamanya bermain di Eropa.

"Iya sedikit-sedikit saya belajar karena saya ke sana pasti sendiri," imbuh pemain yang membawa timnas Indonesia juara Piala AFF U-16 2018 itu.

Namun, di sisi lain Brylian sudah cukup mengetahui budaya dan situasi di Kroasia. Sebab, dia sempat mengikuti TC Timnas Indonesia U-19 yang berlangsung di negara itu pada Agustus hingga Oktober lalu.

"Masalah cuaca, makan, dan lain-lain sedikit saya sudah tahu dan merasakan," tandasnya.

Disadur dari: Bola.net (Mustopa El Abdy/Serafin Unus Pasi, published 8/12/2020)

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer