Sukses


Jacksen Tiago Senang Makin Banyak Pelatih Bikin Football Camp  

Bola.com, Malang - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, baru saja membuat Football Camp selama satu pekan (6-12 Desember) di Kusuma Agro Wisata, Kota Batu. Program yang dibuat mirip training camp tim senior itu ternyata mulai diikuti pelaku sepak bola Tanah Air lainnya.

Pada 21-24 Desember, pelatih dan pemain Persita Tangerang, membuat acara serupa di Bojonegoro, Jawa Timur. Yakni Widodo Cahyono Putro (WCP) dan Samsul Arif.

“Saya senang jika football camp saya menginspirasi orang lain. Karena pemain usia dini butuh program dan lapangan yang bagus juga,” kata Jacksen Tiago.

Namun dia tidak mengetahui seperti apa program football camp yang digelar pelatih lain. Menurutnya, setiap pelatih punya fokus yang berbeda untuk menangani pemain.

Samsul dan WCP juga membuat Football Camp dengan kelompok usia yang sama dengan Jacksen Tiago, yakni 10-15 tahun. Namun kemasannya jelas akan berbeda karena Jacksen didampingi tim kepelatihan Persipura Jayapura, seperti Breno Araujo (pelatih fisik), dan Gerson Rios (pelatih kiper).

“Kalau program saya, seperti mikro siklus untuk latihan tim sepakbola. Saya ambil satu pekan latihan. Selain itu, ada pelajaran Bahasa Inggris. Itu penting jika nanti mereka berhadapan dengan pelatih asing bisa berkomunikasi dan menangkap instruksinya,” terang Jacksen Tiago, yang kini berusia 52 tahun ini.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Daya Tarik Tersendiri

Nama besar Jacksen juga jadi daya tarik tersendiri bagi peserta. Pelatih yang kini menukangi Persipura Jayapura itu dikenal sebagai salah satu pelatih asing terbaik di Liga 1.

“Animonya luar biasa bagi saya. Padahal kami persiapkan semua hanya dalam 3 minggu. Sebenarnya masih banyak yang ingin ikut namun kuota kamar yang diberikan hotel terbatas. Mereka yang ikut football camp banyak dari luar Jawa. Seperti Papua, Banjarmasin, Makassar, Ternate. Dari Jawa ada juga ada Yogyakarta, Semarang dan lainnya,” jelas Jacksen.

Meski digelar masih dalam pandemi virus corona, Jacksen Tiago sudah mengantisipasinya. Ada tim medis juga yang terlibat. Pemain yang dalam kondisi sakit akan dapat penanganan langsung.

"Football Camp ini juga untuk menjaga kesehatan mereka ditengah pandemi," jelasnya.    

Video Populer

Foto Populer