Sukses


Persija Persembahkan Penghargaan Tim Terpopuler Ketiga di Asia untuk The Jakmania

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta dinobatkan sebagai tim terpopuler ketiga di Asia oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Tim berjulukan Macan Kemayoran itu mempersembahkan penghargaan tersebut untuk suporter setianya, The Jakmania.

"Tentunya, gelar tim terpopuler ketiga di Asia versi AFC ini didedikasikan untuk The Jakmania," kata Direktur Persija Jakarta, Ferry Paulus dinukil dari laman klub.

"Gelar tersebut dapat dijadikan cambuk oleh manajemen agar selalu melakukan perbaikan demi perbaikan dan improvisasi," jelas Ferry Paulus.

Predikat tim terpopuler ketiga di Asia membuat Persija Jakarta terlecut. Ferry Paulus berjanji, Macan Kemayoran akan menjadi tim yang lebih baik lagi.

"Supaya, Persija bisa menjadi klub yang konsisten berbicara di kancah yang lebih tinggi, dan pada akhirnya akan berkontribusi positif bagi Timnas Indonesia dan sepak bola Indonesia," imbuh Ferry Paulus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Kalah dari 2 Wakil Iran

Persija Jakarta menjadi klub terpopuler ketiga di Asia dalam jajak pendapat yang digelar AFC. Macan Kemayoran itu mengumpulkan 168.162 suara atau sekitar 11,45 persen dari total suara yang masuk.

AFC mengadakan jajak pendapat klub terpopuler di Asia, dengan delapan tim menjadi nominasi. Selain Persija Jakarta, tujuh kandidat lainnya adalah Johor Darul Ta'zim (Malaysia), Al-Ittihad (Suriah), Al Wehdat (Yordania), Persepolis (Iran), Tractor SC (Iran), Shanghai Shenhua (China), dan Suwon Samsung Bluewings (Korea Selatan).

Jajak pendapat tersebut dilakukan pada 27 Desember 2020 - 1 Januari 2021 melalui laman AFC.

Dalam voting yang berlangsung selama empat hari itu, Persija Jakarta kalah telak dari dua wakil Iran, Tractor SC dan Persepolis. Keduanya menduduki peringkat pertama dan kedua.

Tractor SC dinobatkan sebagai klub terpopuler di Asia dengan raihan 1.468.693 suara atau 51,14 persen. Persepolis yang menempati posisi kedua, mendulang 317.943 vote atau 21,56 persen.

3 dari 3 halaman

Terpopuler di Asia Tenggara

Sebelum bersaing dengan raksasa Asia lainnya dalam kontestasi klub terpopuler, Persija Jakarta lebih dulu menang di regional Asia Tenggara (ASEAN). Macan Kemayoran berhasil mengalahkan Johor Darul Ta'zim (JDT) dan sejumlah tim Indonesia lainnya, seperti Persib Bandung dan Persebaya Surabaya.

"Persija Jakarta menempati tempat ketiga klub terfavorit di Asia berdasarkan hasil jajak pendapat yang digelar AFC pada 27 Desember 2020 - 1 Januari 2021," tulis Persija di laman klub.

"Sebelumnya, Macan Kemayoran sukses melaju ke babak delapan besar setelah menyandang status pemenang regional ASEAN. Persija Jakarta mewakili ASEAN bersama JDT yang berada di peringkat kedua," lanjut pernyataan tersebut.

Video Populer

Foto Populer