Sukses


Bima Sakti Memantau Kondisi Pemain Timnas Indonesia U-16 Melalui Latihan Virtual

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, memilih metode latihan virtual untuk memantau kondisi fisik para pemainnya. Kegiatan ini menjadi yang pertama dilakukan Timnas U-16 pada 2021.

Timnas Indonesia U-16 sebelumnya menutup 2020 dengan pemusatan latihan di Yogyakarta pada Desember lalu. Selama pemusatan latihan itu, Timnas U-16 digenjot sejumlah materi hingga pertandingan internal.

Untuk menjaga kondisi fisik pemain, Bima Sakti menggunakan metode latihan virtual. Hal ini dianggap ideal dan aman selama pandemi COVID-19.

"Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, pilihan kami adalah melakukan latihan virtual untuk beberapa pemain. Itu merupakan bagian dari pekerjaan rumah mereka," kata Bima Sakti seperti dikutip situs resmi PSSI, Sabtu (9/1/2021).

Bima Sakti juga berpesan agar para pemain menjaga pola hidup berupa makan dan tidur selama di rumah. Melalui metode latihan virtual inilah Bima Sakti ingin membangkitkan kembali kondisi pemain.

"Saya berpesan kepada pemain agar mereka bisa menjaga pola makan dan tidurnya di rumah pada masa break kondisi menurun, sehingga kita harus bangkitkan lagi kondisi mereka," tegas Bima Sakti.

Timnas Indonesia U-16 bakal tampil di Piala AFC yang rencananya bakal digelar pada Maret 2021. Nantinya, Timnas U-16 tergabung di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan China.

2 dari 3 halaman

Menjaga Kebugaran

Sementara itu, pelatih fisik Timnas Indonesia U-16, Gilang Ramadhan, mengatakan latihan ini lebih untuk melanjutkan dan menjaga kebugaran kondisi fisik pemain. Metode ini dikenal ideal untuk menjaga kondisi fisik jelang pemusatan latihan lanjutan.

"Terutama masalah kekuatan massa otot mereka. Dari hasil tes di pemusatan latihan kemarin, ada beberapa pemain yang memang harus ada pembenahan di bagian otot paha, kemudian di betis. Supaya mereka bisa lebih baik lagi di TC berikutnya," tegas Gilang.

Timnas Indonesia U-16 menjadi yang paling sibuk sepanjang 2020. Pasukan Bima Sakti tercatat hampir setiap bulan menggelar pemusatan latihan dan sekali melakoni agenda uji coba luar negeri.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Half Time Show, Menuju Piala Menpora dan Bagaimana Sepak Bola Tanpa Penonton?

Video Populer

Foto Populer