Sukses


Jadwal Timnas Indonesia Padat, Shin Tae-yong Akan Divaksin COVID-19

Bola.com, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI akan mengajukan kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk melakukan vaksinasi terhadap atlet dan ofisial cabang olahraga (cabor). Timnas Indonesia U-16, U-19, senior dan pelatih Shin Tae-yong beserta stafnya mendapatkan prioritas karena telah ditunggu jadwal padat dalam lima bulan ke depan.

Vaksinasi COVID-19 di Indonesia dimulai pada Rabu (13/1/2021) dengan Presiden Jokowi menjadi penerima pertama. Tenaga kesehatan (nakes) menjadi pihak selanjutnya yang akan diberikan vaksinasi virus corona.

"Terkait vaksinasi. Tadi pagi Pak Presiden mulai divaksinasi. Selanjutnya menjadi jatah kelompok masyarakat. Kami dari Kemenpora telah mengusulkan para atlet dan pelatih yang sekarang sedang mempersiapkan diri untuk tampil di berbagai event, supaya mendapatkan prioritas untuk divaksinasi," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali pada konferensi melalui Zoom, Rabu (13/1/2021).

"Tugas kami dari Kemenpora sebatas mengumpilkan data berdasarkan nama dan asal cabang olahraganya, tanpa kami menentukan jadwalnya. Kami menunggu Kemenkes yang berwenang soal ini," imbuh Amali.

Amali menuturkan, pihaknya merekomendasikan kepada Kemenkes untuk melakukan vaksinasi terhadap seluruh atlet dan ofisial, tidak terkecuali bagi warga negara asing seperti Shin Tae-yong. Manajer pelatih Timnas Indonesia itu bersama sejumlah asistennya berasal dari Korea Selatan.

"Karena ofisial, seperti Shin Tae-yong, dia juga masuk di dalam tim. Kami tidak membedakan. Bukan hanya di cabor sepak bola saja. Di renang dan menembak juga ada pelatih asingnya," jelas Amali.

"Itu bisa kami lakukan dan mereka tentu paham dengan kebutuhan itu. Kan tidak mungkin pemainnya saja yang divaksin, pelatihnya tidak. Kita akan sama-sama karena ini kebutuhan. Toh cuma untuk 1-2 orang," ujar menteri asal Gorontalo tersebut.

2 dari 3 halaman

Jadwal Shin Tae-yong Padat

Seperti yang dibilang Amali, vaksinasi COVID-19 untuk atlet dan ofisial diutamakan bagi cabor yang akan bertanding dalam waktu dekat. Shin Tae-yong bersama dua kelompok Timnas Indonesia bakal bermain dalam dua turnamen berbeda pada periode Maret-Juni 2021.

Shin Tae-yong akan memimpin Timnas Indonesia U-19 di Piala AFC U-19 Uzbekistan pada 3-20 Maret 2021. Selang lima hari, pelatih asal Korea Selatan itu bakal menemani timnas senior di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Timnas Indonesia masih menyisakan tiga pertandingan di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Masing-masing melawan Thailand pada 25 Maret 2021, Uni Emirat Arab (UEA) pada 30 Maret 2021, dan Vietnam pada 7 Juni 2021.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer