Sukses


Kabar ASEAN: Malaysia Bakal Gunakan Timnas U-19 di SEA Games 2021

Bola.com, Petaling Jaya - Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) memutuskan untuk mengirim Timnas Malaysia U-19 ke SEA Games 2021. Keputusan itu diambil dengan pertimbangan Timnas Malaysia U-19 yang paling siap.

Menurut laporan AFF, Jumat (15/1/2021), pengiriman Timnas Malaysia U-19 ke SEA Games 2021 disepakati dalam rapat anggota Komite Eksekutif (Exco) FAM. Timnas Malaysia U-19 menjadi pilihan terbaik karena juga akan tampil di Piala AFC U-19.

Selain itu, FAM juga sudah menyiapkan Timnas Malaysia U-19 sebagai prospek jangka panjang. Tim asuhan pelatih Brad Maloney juga akan dipersiapkan menjadi bagian rencana jangka panjang menuju SEA Games ke-32 di Phnom Penh, Kamboja.

Timnas Malaysia U-19 juga akan digunakan untuk Kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Rencana berjenjang ini cukup bagus dan menjadi bukti Malaysia sudah memiliki target yang jelas dalam beberapa tahun kedepan.

SEA Games 2021 rencananya akan bergulir di Vietnam pada 22 November sampai 2 Desember mendatang. Dengan demikian, pelatih Brad Maloney masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan skuat Timnas Malaysia U-19.

Selain itu, Piala AFC U-19 juga belum bisa dipastikan bakal bergulir sesuai rencana pada Maret 2021 atau kembali mengalami penundaan. Hal itulah yang membuat Timnas Malaysia U-19 belum mau menggelar persiapan.

2 dari 3 halaman

Keputusan Berani

Keputusan menggunakan Timnas Malaysia U-19 di SEA Games 2021 merupakan langkah yang berani diambil FAM. Padahal, Malaysia sudah lama tidak meraih medali emas SEA Games.

Terakhir kali Malaysia meraih medali emas SEA Games terjadi pada edisi 2011. Adapun pada edisi terakhir di SEA Games 2019 Malaysia hanya mampu mencapai babak penyisihan grup.

Meski demikian, keputusan tersebut patut diapresiasi. FAM berani memberikan tanggung jawab besar kepada pemain muda yang dipersiapkan untuk Timnas Malaysia senior pada masa depan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Half Time Show, Menuju Piala Menpora dan Bagaimana Sepak Bola Tanpa Penonton?

Video Populer

Foto Populer