Sukses


Asnawi Mangkualam Menuju Ansan Greeners FC, Pertandingan K-League Siap Disiarkan di Indonesia

Bola.com, Ansan - Pengumuman perekrutan Asnawi Mangkualam Bahar dari PSM Makassar menghadirkan dampak yang signifikan terhadap Ansan Greeners. Situasi itulah yang membuat K-League sedang menyusun rencana untuk mengekspansi pasar siaran pertandingan Liga Korea ke Indonesia.

Ansan Greeners FC pada Jumat (21/1/2021) mengonfirmasi perekrutan Asnawi Mangkualam Bahar dari PSM Makassar. Namun, PSM sebagai pemilik jasa Asnawi membatah adanya kesepakatan dengan klub yang bermain di K-League 2 itu.

Hal itulah yang membuat peresmian Asnawi Mangkualam sebagai pemain Ansan Greeners FC belum terlaksana. Meski demikian, Ansan Greeners FC sudah merasakan dampak signifikan terkait rencana bergabungnya pemain berusia 21 tahun tersebut.

Instagram resmi milik Ansan Greneers FC mengalami lonjakan followers dari 4 ribu ke 10 ribu pada hari pengumuman perekrutan Asnawi Mangkualam. Kemudian volume penelurusan mengenai Ansan Greeners melonjak 100 kali lipat dalam sehari.

Indonesia juga merupakan negara keempat dengan penduduk terbanyak dunia yang mayoritas gila bola. Hal itulah yang membuat K-League berencana merambah pasar siaran langsung pertandingan sepak bola di Indonesia.

"Penyedia Hak Siar Luar Negeri untuk K-League yakni Sports Radar Agensi bersiap untuk mengakses pasar Indonesia," bunyi pernyataan K-League seperti dikutip Interfootball, Selasa (26/1/2021).

K-League berharap, perekrutan Asnawi Mangkualam Bahar oleh Ansan Greeners FC bisa menaikkan pamor Liga Korea di Asia Tenggara. Hal serupa juga dilakukan K-League untuk negara-negara Asia Tenggara lainnya semisal Vietnam, Filipina, Timor Leste.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Pujian Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyambut antusias kelanjutan karier Ansawi Mangkualam Bahar ke Ansan Greeners FC. Pelatih asal Korea Selatan itu menilai, Asnawi layak bermain di K-League.

"Asnawi Mangkualam adalah pemain nomor satu di hati saya. Saya tidak pernah meragukan Asnawi Mangkualam. Dia tidak hanya bisa bermain di K League 2, tapi juga di K League 1," ujar Shin Tae-yong dalam wawancaranya dengan media Korea Selatan, Chosun pada Minggu (24/1/2021).

Bahkan, Shin Tae-yong disebut sebagai sosok yang merekomendasikan Asnawi kepada Ansan Greeners FC. Shin Tae-yong menyebut, Asnawi merupakan pemain Indonesia yang punya kemampuan dan kualitas di atas rata-rata.

"Pemain Indonesia memang kurang dukungan secara teknologi. Mental dan jiwa kompetitifnya kalah dengan pemain Korea Selatan. Tapi, Asnawi Mangkualam memiliki kekuatan mental dan fisik," tegas Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer