Sukses


PSSI Terbantu Aktifnya Warganet Cari Pemain Keturunan untuk Timnas Indonesia, Terbaru Khuwailid Mustafa

Bola.com, Jakarta - Peran publik begitu penting demi kemajuan bangsa, termasuk PSSI. Warganet di Twitter dan Instagram punya hobi menelusuri pemain keturunan di luar negeri untuk kepentingan Timnas Indonesia.

Warganet, selain rutin mengkritik PSSI, juga mendukung dalam bentuk mencarikan pemain berdarah Indonesia yang tidak terdeteksi.

Selain warganet, akun-akun bertemakan sepak bola Indonesia juga menjamur di media sosial. Admin dari pengguna itu berlomba-lomba untuk menyajikan informasi mengenai pemain keturunan di luar negeri.

Teraktual, akun @bolaacehID di Twitter membagikan pengetahuannya tentang Khuwailid Mustafa, pemuda asal Indonesia yang sedang berkarier di Liga Qatar. Bek berdarah Aceh itu bergabung dengan klub Qatar SC.

Qatar SC adalah peserta Stars League atau kasta teratas dalam piramida sepak bola Qatar. Khuwailid Mustafa dapat dipanggil untuk Timnas Indonesia U-22 yang akan bermain di SEA Games 2021 di Vietnam.

"Kalau di Departemen Teknik PSSI, ada bidang yang setiap hari melihat dan mencatat pemain-pemain potensial Indonesia," ujar Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, kepada Bola.com, Selasa (26/1/2021).

"Jadi, zaman sekarang, scouting pemain terbantu dari informasi teman-teman dari media massa dan media sosial."

"Ini sangat bermanfaat sekali untuk membantu PSSI memantau pemain selain scouting langsung di lapangan, apalagi di masa pandemi COVID-19," imbuh Indra Sjafri.

2 dari 3 halaman

Siapa Khuwailid Mustafa?

Khuwailid Mustafa telah lama berkarier di Qatar. Dia lahir di Lhokseumawe, Aceh, 29 Januari 2000.

Dia pindah ke Qatar karena mengikuti ayahnya, Mustafa Ibrahim, yang bekerja di sana. Pada 2017, PSSI pernah meminta data Khuwailid Mustafa melalui Indonesian Football Association (IFQ) di Qatar.

Selain sebagak bek, Khuwailid Mustafa juga bisa berperan menjadi gelandang bertahan. Dia belum memutuskan apakah akan memilih Timnas Indonesia atau Qatar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Half Time Show, Menuju Piala Menpora dan Bagaimana Sepak Bola Tanpa Penonton?

Video Populer

Foto Populer