Sukses


Coach Justin Semangati Bagus Kahfi: FC Utrecht Punya Tradisi Melahirkan Pemain Top

Bola.com, Jakarta - Justinus Lhaksana melihat potensi besar dalam diri Bagus Kahfi. Jika bisa promosi ke tim senior FC Utrecht, penyerang berusia 19 tahun itu berpeluang dilirik klub besar Belanda, bahkan Eropa.

Coach Justin-begitu sosok Justinus disapa, dikenal sebagai mantan pelatih Timnas Futsal Indonesia yang pernah tinggal selama 20 tahun di Belanda. Dia juga merupakan penggemar berat FC Utrecht.

Coach Justin tidak asal bicara. Dia memberikan bukti sejumlah alumnus FC Utrecht yang kariernya moncer. Dulu ada Dirk Kuyt, legenda Liverpool yang lama mengabdi di sana. Terkini Sebastien Haller, penyerang yang baru bergabung dengan Ajax Amsterdam.

"Pemain FC Utrecht itu, pemain di tim utamanya, hampir semuanya diincar klub-klub besar. Dirk Kuyt jebolan FC Utrecht. Saya 20 tahun di Belanda, sejak zaman dulu, FC Utrecht dikenal karena para pemainnya dibidik klub besar," kata coach Justin membuka pembicaraan ketika dihubungi Bola.com, Jumat (5/2/2021).

"Erik Pieters, bek Burnley, dia dari FC Utrecht, besarnya di sana lalu diambil oleh PSV Eindhoven sebelum pindah ke Burnley. Jadi banyak pemain FC Utrecht yang diambil oleh PSV atau Ajax Amsterdam. Sekarang bek kanan Ajax, Sean Klaiber, juga mantan FC Utrecht."

"Pelatihnya Ajax, Erik Ten, juga sebelumnya melatih FC Utrecht. Ada Sebastien Haller juga yang sekarang bermain di Ajax. Dia ngetop di FC Utrecht sebelum dibeli Eintracht Frankfurt dan ke West Ham United, lalu bergabung dengan Ajax," jelas coach Justin.

2 dari 3 halaman

Kans Bagus Kahfi Meski Ditempatkan di FC Utrecht U-18

Saat menandatangani kontrak selama 18 bulan plus klausul perpanjangan dua tahun, Bagus Kahfi langsung dikirimkan ke FC Utrecht U-18. Dia tidak jadi diproyeksikan untuk bermain di Jong Utrecht.

Jong Utrecht merupakan tim U-23 dari FC Utrecht yang berkompetisi di Eerste Divisie atau kasta kedua dalam piramdia sepak bola Belanda.

Coach Justin bilang Bagus Kahfi tidak perlu khawatir dengan penempatannya di FC Utrecht U-18. Andai ia bisa tampil memukau, peluang untuk promosi ke Jong Utrecht pasti akan terbuka lebar.

"Tak masalah. Kalau Bagus Kahfi bisa cepat beradaptasi, dalam dua bulan dia bisa pindah ke Jong Utrecht. Dia bisa jadi starter di Jong Utrecht dan diberikan tempat di tim utama. Jadi berhasil atau tidak, itu tergantung dia. Dia harus pintar. Secara fisik, dia akan lemah atau kalah. Dia harus tekankan kekuatan yang lain sambil mengangkat atau membuat fisiknya lebih bagus," tutur coach Justin.

"Kalau Bagus Kahfi bisa masuk tim utama FC Utrecht, dia pasti akan dipantau klub-klub besar di Belanda. Itu sudah pasti. Itu sudah menjadi tradisi puluhan tahun FC Utrecht," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer