Sukses


Jacksen Tiago Pasang Target Mendirikan Akademi Sepak Bola Tahun Ini

Bola.com, Malang - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, tampak makin serius mempersiapkan akademi sepak bola miliknya sendiri. Saat belum memiliki aktivitas bersama klub, pelatih berusia 52 tahun itu beberapa kali terlibat bertemu dengan pelatih Arema FC yang juga berasal dari Brasil, Carlos Oliveira. Ketika keduanya bertemu, diskusi soal akademi sepak bola pasti terjadi.

Carlos Oliveira memiliki pengalaman mendirikan akademi sepak bola yang sudah eksis selama puluhan tahun di Amerika Serikat. Pada akhir pekan lalu, Jacksen Tiago bertemu dengan Carlos ketika melihat pertandingan persahabatan para mantan pemain di lapangan luar Stadion Gajayana, Malang.

"Sekarang kami sudah sangat maju untuk rencana membuat akademi sepak bola. Bisa di dua tempat, Batu dan Surabaya. Konsepnya sepak bola, pendidikan, dan aspek sosial. Kemungkinan sudah ada tahun ini, tapi saya belum bisa menyebut kapan waktu tepatnya. Nama akademinya juga belum bisa saya sebutkan," ujar Jacksen.

Rencana membuat akademi itu bisa terlaksana lebih cepat karena kompetisi di Indonesia sedang vakum. Sehingga fokus Jacksen juga tidak terbagi dengan menangani Persipura Jayapura.

Jika akademi tersebut sudah berdiri, itu artinya Jacksen bakal pensiun melatih klub profesional, karena itu sudah menjadi tekadnya untuk fokus membina pemain muda di Indonesia. Selama melatih, dia juga sudah merasa mendapatkan apa yang ditargetkan, seperti membawa klub juara hingga melatih Timnas Indonesia.

"Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, saya berhenti melatih klub profesional ketika sudah ada akademi," tegas Jacksen Tiago.

2 dari 3 halaman

Melibatkan Brasil dan Indonesia di Dalam Akademi

Demi menggawangi akademi sepak bola yang dibuatnya, Jacksen Tiago bakal melibatkan tim pelatih dari Brasil dan Indonesia. Selama melatih klub profesional, Jacksen memadukan tim pelatih dari negara asalnya dan juga dari Indonesia.

"Pasti ada tim pelatih yang berasal dari Brasil. Namun, pelatih Indonesia juga pasti dilibatkan," ujar Jacksen.

"Banyak pelatih dan pemain yang sudah mengikuti kursus kepelatihan baru-baru ini di Indonesia. Mereka akan dimanfaatkan juga tenaganya," lanjut pelatih asal Brasil itu.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer