Sukses


Alasan Riko Simanjuntak Memprioritaskan Diri Jadi Pelayan Striker di Persija

Bola.com, Jakarta - Gelandang Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, mengaku lebih memprioritaskan tugasnya sebagai 'pelayan striker', yaitu memberikan assist ketimbang mencetak gol. Riko sadar, sebagai gelandang sayap tugas utamanya adalah memanjakan para penyerang.

Tak bisa dimungkiri, Riko Simanjuntak menjadi satu dari sedikit pemain yang rajin memberikan assist di Shopee Liga 1. Sejauh ini, Riko sudah 18 assist untuk Persija Jakarta di Liga 1.

Kelincahan dan kecepatan berlari yang dimiliki Riko dipadukan dengan tembakan akurat membuat umpannya sering dimaksimalkan penyerang Persija, terutama Marko Simic, menjadi gol. Hal itulah yang membuat Riko senang bisa turut punya andil dalam proses gol Persija.

"Jika harus memilih antara membuat assist atau mencetak gol, saya lebih pilih bikin assist. Itu jadi sesuatu yang bisa membuat saya senang." kata Riko seperti dikutip situs resmi klub, Minggu (14/2/2021).

"Sebelum terjadi gol pasti ada prosesnya kan. Itulah mengapa saya senang jika terlibat dalam proses gol tersebut dan membantu teman mencetak gol. Saya senang jika bisa melakukan keduanya, tapi kalau disuruh pilih saya lebih suka membuat assist," tegas Riko.

Pada Shopee Liga 1 2020, Riko Simanjuntak telah menyumbang dua assist dalam dua laga yang dimainkannya bersama Persija Jakarta. Assist itu dimaksimalkan menjadi gol oleh Marko Simic dan Evan Dimas saat menghadapi Borneo FC pada laga pembuka musim.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Sesuai Posisi

Riko Simanjuntak memiliki catatan mentereng di Liga 1 yang dibukukan pada musim 2019. Ketika itu, Riko menjadi pemain pertama yang berhasil menorehkan catatan assist dalam lima laga beruntun bersama Persija Jakarta.

Riko mengaku senang dengan pencapaiannya waktu itu. Menurut dia, sudah sewajarnya seorang gelandang sayap melakukan tugasnya dalam memanjakan para penyerang dengan umpan-umpan akurat.

"Mungkin karena posisi saya juga di sayap ya. Jadi menurut saya, kalau prioritas utama sayap itu kan memberi umpan, crossing, ke teman-teman di daerah penyerangan. Ketika memberikan umpan dan umpan tersebut bisa dikonversikan jadi gol tentu ada kepuasan tersendiri buat saya," ucap Riko.

Video Populer

Foto Populer