Sukses


Wawancara Eksklusif Agen Miftah Anwar Sani: Sempat Mengira Tawaran dari Klub Bosnia Hoaks

Bola.com, Jakarta - Nama Miftah Anwar Sani mendadak tenar dalam beberapa pekan terakhir. Bukan karena permainannya di lapangan, melainkan lantaran mencuatnya rumor ia akan bermain di Bosnia dan Herzegovina.

Sebelum kabar ini beredar, tidak banyak yang tahu siapa Miftah Anwar Sani. Namanya terdengar asing di pentas sepak bola nasional.

Miftah Anwar Sani adalah pemain Persita Tangerang di musim 2020. Pada tahun lalu, tim berjulukan Pendekar Cisadane itu Persita sempat bertanding tiga kali sebelum kompetisi dihentikan. Namun, ia tidak pernah dimainkan. Dia juga hanya sekali dipercaya masuk daftar susunan pemain (DSP).

Akhir Januari 2021, media sosial Instagram digemparkan oleh klarifikasi Miftah Anwar Sani. Dia menyebut rumor bermain di Bosnia dan Herzegovina hanya isapan jempol belaka. Entah dari mana asalnya rumor itu, tiba-tiba Miftah Anwar Sani bikin pernyataan untuk mendinginkan suasana.

Faktanya, agen dari Miftah Anwar Sani, Aggy Eka Ressy bersama Kedutaan Besar (Kedubes) Bosnia dan Herzegovina di Jakarta menggelar konferensi pers pada Selasa (16/2/2021) dengan beberapa media.

Dalam perbincangan itu, diungkap bahwa Miftah Anwar Sani akan bermain untuk FK Sloboda Tuzla di Liga Bosnia dan Herzegovina. Sloboda Tuzla adalah kontestan Premijer Liga atau kasta teratas dalam piramida sepak bola di Bosnia dan Herzegovina.

"Terkait klarifikasi pemberitaan Miftah Anwar Sani yang pernah diunggah di Instagram, karena waktu itu proses administratifnya belum ada, dan waktu itu dia juga masih terikat dengan Persita," Aggy.

"Sekarang, semuanya sudah beres. Kami akan mempersiapkan keberangakatan Miftah Anwar Sani ke Bosnia. Sepertinya pada pekan ini," jelas Aggy.

Kini, posisi Miftah Anwar Sani tidak lagi terikat dengan Persita. Kepindahannya ke Sloboda Tuzla pun bisa dipublikasikan secara luas.

"Jadi, statusnya Miftah Anwar Sani itu bebas transfer. Dia akan dikontrak hingga Juni 2021 atau setengah musim dan tidak ada opsi perpanjangan kontrak. Kami dapat permintaan langsung dari klub Sloboda Tuzla untuk mengurus administrasi Miftah di Indonesia untuk ke Bosnia," tutur Aggy.

Aggy menjelaskan, Sloboda Tuzla telah mendaftarkan Miftah Anwar Sani ke Premijer Liga. Dia pun tinggal dimainkan setibanya di sana.

"Kami hanya punya waktu satu minggu. Jadi sejak pekan lalu, Miftah Anwar Sani sudah teregistrasi di Bosnia. Karena pada awal Maret 2021, dia akan mulai tampil di kompetisi. Kami di sini mendukung dan berusaha memberikan yang terbaik," imbuh Aggy.

Bola.com berkesempatan untuk mewawancarai Aggy Eka Ressy secara ekslusif terkait kepindahan Miftah Anwar Sani ke Sloboda Tuzla. Berikut petikannya:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Awal Mula

Bagaimana duduk perkaranya hingga Miftah Anwar Sani bisa diincar oleh Sloboda Tuzla?

Saya tak tahu detilnya. Bulan lalu kami dapat ketertarikan dari Bosnia. Si Miftah dikontak langsung. Dia hubungi saya sebagai agennya. Saya langsung cari informasi lanjutan dengan relasi saya. Pertama saya bilang hoaks, saya tidak percaya. Selain itu dia masih menjadi pemain Persita. Ya sudah fokus dengan Persita, kami menunggu kompetisi. Tapi ke sini-sininya, ternyata benar. Dan akhirnya kami izin dengan Persita. Intinya seperti itu.

Mengapa Miftah yang diincar oleh Sloboda Tuzla?

Kenapa dia? Saya tidak tahu detailnya. Saya tahu hanya mereka butuh bek sayap kiri seperti Miftah, tapi detailnya saya tidak tahu.

Apakah ada peran Eldar Hasanovic, mantan pemain Persita musim lalu yang kini bermain di Bosnia?

Saya kurang tahu peran Eldar itu. Bahkan awalnya Eldar tidak tahu bahwa Miftah diincar klub Bosnia. Saya juga tidak berani komentar takutnya ada peran dia, cuma saya tidak tahu.

3 dari 4 halaman

Kontrak Pendek

Bagaimana cara Sloboda Tuzla menemukan bakat Miftah Anwar Sani?

Di-scouting-nya tidak secara langsung. Banyak klub-klub Eropa menemukan pemain berbakat di Amerika Latin, di negara-negara kecil, pemandu bakatnya tidak datang secara langsung, tapi ada tools-nya.

Kenapa Miftah cuma dikontrak hingga akhir musim ini?

Karena memang musim Liga Bosnia cuma sampai Juni 2021. Belum ada opsi perpanjangan lagi. Mungkin mau dilihat dulu. Memang ditawarkannya segitu dulu. Pertimbangannya di Indonesia, pada pertengahan musim ini, insyaallah kompetisi juga bisa digulirkan. Jadi mungkin, ibaratnya mencari ilmu dan pengalaman. Nanti kalau tidak diperpanjang, bisa pulang ke Indonesia.

Bagaimana dengan status Miftah sebagai anggota TNI jika dia bermain di luar negeri?

Saya tidak berani berkomentar soal itu.

4 dari 4 halaman

Diklaim Bayar Rp280 Juta untuk Bermain di Bosnia

Media Bosnia mengklaim agensi Miftah membayar 20 ribu dolar untuk bermain di sana. Apakah tuduhan itu benar?

Sudah diklarifikasi dan ditepis oleh presiden klubnya. Saya dengar kabarnya seperti itu. Kalau memang benar, uangnya buat saya saja. Uang segitu di masa seperti ini, mending buat saya saja.

Ada yang komentar menanyakan itu di Instagram. Saya jawab, mending uangnya buat saya saja. Orang besok makan saja masih bingung gara-gara COVID-19.

Saya tadi mendapatkan kabar dari jurnalis-jurnalis Indonesia, lalu saya bilang ke Miftah. Kami langsung komunikasikan dengan pihak sana. Langsung presiden mereka menepis rumor itu. Kabar dari sana, sudah ada bantahan dari presidennya.

Kapan Miftah akan berangkat ke Bosnia?

Minggu-minggu ini. Bisa pekan ini, bisa pekan depan. Masih menunggu proses administratif. (Selesai)

Video Populer

Foto Populer