Sukses


4 Kandidat Juara Piala Menpora 2021: Bali United Serius, Bhayangkara FC Tak Bisa Diremehkan

Bola.com, Jakarta - Dalam hitungan hari ke depan, Piala Menpora 2021 akan dimulai. Turnamen pramusim itu akan menjadi masa persiapan lanjutan klub-klub yang akan tampil di Liga 1 2021, juga menjadi arena kerinduan para pesepak bola Indonesia yang sudah satu tahun terakhir tidak beraksi di pertandingan resmi sepak bola profesional.

Setelah penantian panjang selama satu tahun, sepak bola Indonesia kembali bergulir mulai 21 Maret mendatang. Klub-klub Liga 1, minus Persipura Jayapura, akan bertanding dalam turnamen pramusim tersebut.

Semua klub pun sudah mulai melakukan persiapan, meski ada beberapa di antaranya yang mengeluhkan mepetnya persiapan untuk tampil di Piala Menpora 2021.

Namun, tak sedikit pula yang sudah memulai latihan lebih awal, seperti halnya Persikabo 1973 dan Bali United. Kedua tim itu sudah mulai latihan sebelum PSSI dan PT Liga Indonesia Baru menentukan kepastian digelarnya Piala Menpora.

Langkah Bali United untuk memulai latihan lebih awal bisa dimaklumi. Serdadu Tridatu tidak hanya menunggu kesempatan untuk tampil sebagai juara bertahan Liga 1, tapi juga tampil lagi mewakili Indonesia di Piala AFC 2021.

Sejumlah klub pun melakukan perombakan tim. Beberapa pemain lokal melakukan perpindahan tim, seperti Persebaya Surabaya, Arema FC, Persib Bandung, PSS Sleman, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, beberapa klub juga mendatangkan pemain asing baru, meski cukup banyak yang memilih mempertahankan pemain asing yang mereka miliki sejak musim lalu.

Hampir semua tim tak ada yang membuat target muluk-muluk di Piala Menpora 2021. Namun, dari pengamatan Bola.com, ada setidaknya empat tim yang punya materi pemain cukup kuat hingga bisa menjadi kandidat untuk menjadi juara.

Video

2 dari 5 halaman

Bali United

Bali United merupakan tim yang cukup serius menatap musim 2021. Tim asuhan Stefano Cugurra Teco itu sudah memulai latihan bersama sejak 8 Februari 2021.

Seperti sudah sedikit dijelaskan di atas, Bali United memang memulai latihan bersama mereka sejak awal karena bakal mewakili Indonesia di Piala AFC 2021, meski saat itu jadwal kompetisi Asia itu, maupun kompetisi Liga 1 2021 belum jelas kapan bakal bergulir.

Piala Menpora 2021 tentu menjadi ajang yang sangat tepat bagi Stefano Cugurra Teco untuk menjajal tim asuhannya sebelum tampil di Liga 1 dan Piala AFC.

Bahkan Fadil Sausu dkk. sudah lebih dulu menggelar laga uji coba dengan menghadapi Timnas Indonesia di Jakarta pada 7 Maret lalu. Serdadu Tridatu kalah 1-3 dalam pertandingan tersebut.

Mempertahankan sejumlah pemain penting, mulai dari penjaga gawang dengan Wawan Hendrawan dan Nadeo Argawinata, barisan lini pertahanan yang kuat dengan keberadaan Willian Pacheco, Leonard Tupamahu, Gunawan Dwi Cahyo, Made Andhika Wijaya, Ricky Fajrin, serta barisan lini tengah dan depan yang kuat, Bali United tampak serius menatap Piala Menpora 2021.

Stefano Lilipaly, yang awalnya diperkirakan bakal pindah klub menyusul tak ada namanya dalam laga uji coba kontra Timnas Indonesia, akhirnya memilih bertahan bersama Bali United. Belum lagi keberadaan Lerby Eliandry dan Ilija Spasojevic di lini depan, serta datangnya Diego Assis, membuat Serdadu Tridatu punya potensi besar menjadi juara di Piala Menpora 2021.

Teco sudah menegaskan bahwa Bali United, untuk pertama-tama, hanya menargetkan lolos fase grup Piala Menpora. Jika mampu mewujudkannya, bukan tidak mungkin pelatih asal Brasil itu akan memotivasi timnya untuk bisa menjadi juara.

Bali United akan berlaga di Grup D Piala Menpora 2021 yang digelar di Sleman, Yogyakarta. Pada laga pertama, Bali United sudah akan menghadapi Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada 24 Maret 2021. Kemudian Bali United akan menghadapi Persiraja Banda Aceh pada 29 Maret dan dilanjutkan dengan laga kontra Persita Tangerang pada 2 April 2021.

3 dari 5 halaman

Persija Jakarta

Persija Jakarta boleh dibilang menjadi tim yang tidak terlalu banyak bergerak melakukan perombakan tim. Kalau pun ada, saat ini yang sudah pasti pergi adalah Evan Dimas Darmono, gelandang yang baru datang pada musim 2020 dan bermain dalam dua laga pertama di Liga 1 2020, tapi kemudian sudah pergi lagi.

Mungkin saja Osvaldo Haay juga menyusul Evan Dimas pergi. Sampai saat ini, pemain asal Papua itu masih terus bernegosiasi dengan Persija mengenai masa depannya.

Satu hal yang pasti, Persija Jakarta tetap memiliki ketajaman lini depannya dengan keberadaan Marko Simic yang sudah tiba di Jakarta. Meski belum berlatih bersama Macan Kemayoran, Simic memperlihatkan komitmen yang tinggi untuk tetap bersama Persija.

Selain Simic, Marco Motta juga tetap bertahan bersama Persija. Pemain yang tercatat pernah bermain bersama Juventus itu kini sudah berlatih bersama pemain Persija lainnya, termasuk duo naturalisasi, Otavio Dutra dan Marc Klok. Kini Persija hanya tinggal menantikan kembalinya Rohit Chand, dan datangnya pemain asing baru bernama Yann Motta asal Brasil.

Deretan pemain lokal Persija pun banyak yang tetap setia bersama Macan Kemayoran. Ramdani Lestaluhu, Andritany Ardhiyasa, Rezaldi Hehanussa, Riko Simanjuntak, dan Novri Setiawan, tetap bertahan.

Dengan materi skuat yang tidak terlalu berbeda, Persija Jakarta juga punya kans untuk tampil meyakinkan di Piala Menpora 2021. Kini hanya tergantung kepada Sudirman, sang pelatih kepala.

Jika mantan bek Timnas Indonesia itu bisa meracik timnya menjadi sebuah tim bermental juara, bukan tidak mungkin Macan Kemayoran akan menjadi juara di turnamen pramusim kali ini seperti halnya pada 2018 lalu ketika menjuarai Piala Presiden.

Persija Jakarta berada di Grup B Piala Menpora 2021 bersama PSM Makassar, Bhayangkara FC, dan Borneo FC Samarinda. Tampil di Stadion Kanjuruhan, Malang, Persija akan memulai kiprahnya di turnamen pramusim itu dengan menghadapi PSM Makassar pada 22 Maret mendatang.

4 dari 5 halaman

Persib Bandung

Persib Bandung adalah tim yang cukup memiliki perhitungan matang dalam persiapan menuju musim 2021. Robert Alberts, sang pelatih, dan manajemen klub, benar-benar menunggu hingga ada kejelasan mengenai pelaksanaan turnamen pramusim untuk menggelar latihan.

Alhasil, Robert Alberts bergerak cepat. Fabiano Beltrame dan Zulham Zamrun dilepas dengan alasan regenerasi tim. Namun, pada saat yang sama pelatih asal Belanda itu juga direpotkan dengan sejumlah pemain yang kemudian mundur dari tim, seperti Beni Oktovianto dan Omid Nazari. Belum lagi Kim Jeffrey Kurniawan juga mengikuti Fabiano ke PSS Sleman.

Persib juga kehilangan Geoffrey Castillion yang tengah dipinjamkan ke klub Italia, Como 1907. Sementara Wander Luiz yang merupakan tandem Castillion pada musim 2020 sampai saat ini belum bergabung bersama tim dan masih berada di Brasil.

Maung Bandung pun mendatangkan Ferdinand Sinaga untuk menjadi andalan di lini depan, yang akan mendapatkan bantuan dari sisi sayap yang diisi oleh Febri Hariyadi. Sementara itu, Persib juga bisa mengandalkan Dedi Kusnandar, Esteban Vizcarra dan Abdul Aziz Lutfi Akbar di lini tengah.

Kehilangan Ghozali Siregar dan Beni Okto tidak membuat Robert Alberts khawatir. Kehadiran Achmad Jufriyanto akan menjadi tambahan tenaga yang bagus di lini pertahanan, mengingat Persib masih punya Nick Kuipers dan Victor Igbonefo.

Persib Bandung tidak muluk-muluk soal target di Piala Menpora 2021. Ajang pramusim ini dijadikan sebagai momen memanaskan mesin jelang Liga 1 2021. Namun, dengan materi pemain yang masih ada, Persib juga layak dipertimbangkan sebagai kandidat juara di turnamen pramusim ini.

Persib akan mengawali kiprah di Grup D Piala Menpora 2021 dengan menghadapi Bali United di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada 24 Maret. Kemudian Maung Bandung akan menghadapi Persita Tangerang pada 29 Maret dan Persiraja Banda Aceh pada 2 April 2021.

 

5 dari 5 halaman

Bhayangkara FC

Bhayangkara FC pada musim ini bertransformasi menjadi Bhayangkara Solo FC setelah memutuskan memindahkan markasnya ke Solo. Tim berjulukan The Guardians itu pun telah mempersiapkan timnya dengan apik dalam beberapa pekan terakhir di bawah asuhan Paul Munster.

Bhayangkara Solo FC juga mendatangkan kembali Simon McMenemy, pelatih yang membawa tim tersebut menjuarai Liga 1 2017, tapi dengan peran berbeda, yaitu direktur teknik. Sebagai langkah awal, dua pemain berlabel Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono dan Hansamu Yama Pranata, direkrut untuk musim ini.

Kehadiran keduanya melengkapi sejumlah bintang yang sudah lebih dulu dimiliki oleh Bhayangkara FC, seperti Andik Vermansah, TM Ichsan, Indra Kahfi dan Ruben Sanadi.

Untuk pemain asing, Renan Silva juga memilih bertahan bersama The Guardians. Dengan komposisi pemain yang tidak terlalu berbeda dengan Liga 1 2020, Bhayangkara FC memiliki materi pemain cukup bagus untuk bisa menjadi pesaing meraih gelar juara di Piala Menpora 2021.

Bhayangkara FC berada satu grup dengan Persija Jakarta, Borneo FC Samarinda, dan PSM Makassar di Grup B Piala Menpora 2021 yang akan berlaga di Stadion Kanjuruhan, Malang. Borneo FC akan menjadi lawan pertama The Guardians pada 22 Maret mendatang.

 

Video Populer

Foto Populer