Sukses


Punya Banyak Kelebihan, Kaesang Pangarep Kandidat Kuat Jadi Pemilik Baru Persis

Bola.com, Solo - Nama Kaesang Pangarep berpeluang besar menjadi pemilik baru Persis Solo. Putra bungsu Presiden Joko Widodo tersebut selalu menghiasi pemberitaan terkini tentang bursa calon pemilik klub kebanggaan wong Solo tersebut.

Sebelumnya diketahui bahwa pemilik saham terbesar Persis di bawah naungan PT Persis Solo Saestu secara resmi menjualnya ke pemilik saham yang lain atau pihak dari luar. Pemilik baru Persis akan diumumkan dalam RUPS di Solo, Sabtu (20/3/2021) mendatang.

Dua pemilik saham terbesar di Persis, yakni Vijaya Fitriyasa dan Sigid Haryo Wibisono menjual sahamnya di Persis yang masing-masing memiliki 70 dan 20 persen. Praktis segera ada sosok yang mengakuisisi klub berjulukan Laskar Sambernyawa tersebut.

Selain Kaesang Pangarep, sempat muncul nama Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, yang dirumorkan juga siap membeli Persis. Sementara Kaesang diprediksi menjadi sosok yang selangkah di depan, dengan melihat berbagai pendekatan.

Pertama adalah adanya pernyataan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan kakak kandung Kaesang. Beberapa waktu lalu Gibran berkomentar bahwa pemilik baru Persis akan ia umumkan sendiri, sebelum laga pembukaan Piala Menpora 2021 di Solo akhir pekan ini. Sosok yang ia maksud juga adalah seorang putra daerah asli Solo.

Hubungan yang begitu dekat antara keduanya jelas sangat memungkinkan Kaesang menjadi owner baru Persis dan mengembangkan tim Laskar Sambernyawa sebagai tim yang lebih maju. Kaesang sendiri juga mulai terjun di dunia sepak bola dengan bertemu petinggi Bali United beberapa waktu lalu.

Satu di antara sumber dari lingkaran Kaesang Pangarep kepada Bola.com memberikan beberapa bocoran tentang peluang putra bungsu Presiden Joko Widodo tersebut bakal memimpin Persis. Menurutnya, semua peluang masih bisa terjadi, hanya yang membedakan adalah sosok Kaesang yang punya nilai plus.

"Kemungkinan-kemungkinan memang masih bisa terjadi. Peluang beliau juga ada. Tidak bisa ditebak karena gaya anak muda yang beliau miliki. Intinya bisa dilihat nanti di RUPS," ungkap sumber tersebut yang enggan disebutkan namanya, Rabu (17/3/2021).

"Ketika nanti yang menyampaikan adalah Pak Wali Kota, ya bisa jadi Persis akan dipegang Kaesang. Berarti Persis sudah ada chemistry dengan Pemkot. Melihat beberapa tahun terakhir, Persis seperti ada jarak dengan Wali Kota, bagaimana bisa berkembang?," katanya.

"Kemarin-kemarin kan belum pernah berkoordinasi dengan Wali Kota. Mau latihan saja tidak ada fasilitas lapangan, harus mencari alternatif hingga ke Kabupaten Sukoharjo, Karanganyar, hingga Boyolali," terang sumber itu menambahkan.

 

Video

2 dari 2 halaman

Menambah Pengalaman

Sementara itu, di sisi lain, sosok Kaesang Pangarep memang banyak mendapat dukungan dari publik sepak bola Kota Solo, khususnya penggemar Persis. Jiwa muda dan karakter dalam berbisnis yang begitu kuat dalam diri Kaesang, diharapkan dapat menular ke Persis.

Persis cukup beruntung memiliki basis massa suporter yang besar di bawah nama Pasoepati dan Surakartans. Dukungan untuk Persis tidak hanya dari orang-orang berdomisili di Solo, tapi juga wilayah karesidenan Surakarta.

Hal itulah dapat dimanfaatkan oleh pemilik baru Persis, termasuk Kaesang yang memang masih dibilang cukup awam dengan sepak bola Indonesia. Dengan berbagai nilai lebih dari klub yang telah berumur 98 tahun tersebut, membuat Persis punya daya tarik besar dalam perkembangan industri sepak bola modern.

"Kenapa tidak beliau (Kaesang) memimpin Persis? Berkaca dari yang kemarin, dia satu langkah di depan dari pemilik sebelumnya. Harus membuktikan ke Pak Wali Kota dan menjadi pondasi kuat ke depannya," ucapnya.

"Seorang Wali Kota sudah mau mengumumkan sendiri kenapa harus diragukan? Saya yakin Persis akan tampil beda nanti dengan jiwa muda dari Mas Kaesang".

"Sekarang ini semua juga serbadinamis, siap tidak siap saya yakin beliau bisa mencoba. Minimal rekomendasi dari Pak Wali Kota adalah dukungan yang besar. Paling tidak ada niat dan rencana, kalau soal pengalaman itu bisa dicari," tegasnya.

Video Populer

Foto Populer