Sukses


Jacksen Tiago Berbagi Ilmu dan Pengalaman Buat Pelatih Usia Muda Makassar

Bola.com, Makassar - Di sela waktunya mempersiapkan Persipura Jayapura menghadapi Piala AFC 2021, Jacksen Tiago menyempatkan diri berbagi ilmu dan pengalaman dihadapan puluhan pelatih sekolah sepakbola (SSB) pada acara coaching clinic Mizone di Makassar, Minggu (28/3/2021).

Acara yang berlangsung sehari ini digelar dalam dua sesi yakni dalam ruangan di Hotel Amaris dan Lapangan sepak bola Emmy Saelan.

Ditemui Bola.com setelah kegiatan, Jacksen mengaku senang memberikan kontribusinya buat perkembangan sepak bola Indonesia, khususnya di Makassar.

"Sayang waktunya hanya sehari. Tapi, saya berharap kehadiran saya di Makassar bisa jadi tambahan motivasi para pelatih pemain usia dini untuk mengembangkan kemampuan anak didiknya," terang Jacksen.

Menurut Jacksen, ditengah kondisi sulit sepak bola gegara wabah pandemi COVID-19, kegiatan yang digelar Mizone sangat berarti buat menambah pengetahuan para pelatih. Terutama cara menjaga kesehatan pelatih dan pemain saat latihan.

Dalam setiap latihan, wajib ada jeda beberapa menit dalam latihan untuk memberi kesempatan buat minum agar terhindar dari dehidrasi.

"Water break dalam latihan mau pun pertandingan sangat penting buat kesehatan pemain," tegas Jacksen Tiago yang pernah membawa PSM Makassar menembus final Liga Indonesia 1995/1996 ini.

2 dari 3 halaman

Pengalaman Jacksen

Ditemui di tempat sama, ketua panpel, Bustamin mengungkapkan kehadiran Jacksen Tiago di Makassar sangat berarti buat para peserta yang juga menjadi pelatih di berbagai sekolah sepak bola di Makassar.

"Prestasi Jacksen sebagai pemain dan pelatih yang sukses di Liga Indonesia membuat animo peserta sangat besar. Itulah mengapa kami membatasi jumlah peserta menjadi 40 orang saja karena terkait protokol kesehatan," kata Bustamin.

Sejumlah tips dasar melatih pemain usia dini dan motivasi yang diberikan Jacksen diakui sangat bermanfaat buat peserta. Seperti diungkap pelatih SSB Bank Sulselbar, Ahmad Latando yang masih berusia 19 tahun.

"Di tengah kevakuman kompetisi saat ini, kehadiran coach Jacksen sangat bermanfaat untuk menambah ilmu kepelatihan saya dan teman-teman," ujar Ahmad Latando yang pada 2017 membawa Tim Pelajar U-16 Indonesia meraih trofi juara turnamen Tier 3 AFC di Malaysia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Video Populer

Foto Populer