Sukses


Mengenal Irfan Jauhari, Striker Timnas Indonesia yang Digadang-gadang Melesat Jadi Superstar di Persis

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kembali mengumpulkan pemain di Jakarta dalam agenda pemusatan latihan. TC kali ini digelar sebagai persiapan menghadapi lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Nama striker belia, Irfan Jauhari, kembali masuk dalam daftar pemain yang dipanggil Shin Tae-yong. Ia menjadi sebagai satu-satunya perwakilan klub Liga 2, Persis Solo, yang ikut dalam pemusatan latihan Timnas.

Sudah lama Persis absen mengirimkan pemain untuk Timnas Indonesia senior, sejak terakhir kali ada nama Harry Saputra pada 2007. Ia memperkuat tim Merah-putih di ajang Piala Asia, disusul Rusdiansyah yang ikut seleksi Timnas menghadapi SEA Games 2012.

Menjadi sebuah keputusan yang tepat bagi Persis Solo, mendatangkan Irfan Jauhari dari Bali United dengan status pinjaman. Ia bakal ikut menjadi tulang punggung lini depan Persis dalam urusan mencetak gol ke gawang lawan.

Sedikit menengok ke belakang, Irfan Jauhari adalah pesepak bola muda asal Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, yang mengundang perhatian dari klub besar Bali United dari hasil kompetisi Piala Soeratin. Bakatnya dipagari oleh Bali United dengan kontrak berdurasi tiga tahun.

Nama Irfan mulai dikenal salah satunya ketika mencetak gol ke gawang Arsenal U-18 dan Real Madrid U-18 pada ajang Bali U-20 International Cup 2019. Saat itu, Irfan masuk ke dalam skuat Indonesia Allstar U-20 dengan sukses mencetak gol ke gawang Real Madrid dan Arsenal.

Selain di Bali United, Irfan Jauhari juga masuk dalam daftar pemain kesukaan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19 sejak tahun lalu. Dirinya masuk proyeksi untuk tim yang sebenarnya dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 dan Piala Asia U-19. Ia selalu dipanggil dalam pemusatan latihan di Eropa.

Setelah melewati tahun 2020 yang terganggu dengan pandemi COVID-19, Irfan Jauhari dipinjamkan Bali United ke Persis Solo. Jam terbangnya bersama para senior di Bali United bakal membuat Persis tambah berkualitas.

Irfan Jauhari semakin melengkapi nuansa Timnas Indonesia di Persis Solo, terutama adanya sosok striker senior naturalisasi Alberto Beto Goncalves. Ada nama striker yang juga pernah memperkuat timnas yakni Marinus Manewar di Persis Solo, membuat Irfan Jauhari tak akan kesulitan beradaptasi dengan miniatur Timnas Persis.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Menambah Kekuatan Persis

Tidak sedikit yang meyakini Irfan Jauhari bakal dapat membawa kesuksesan untuk Persis Solo maupun Timnas Indonesia. Hal itu diakui mantan penggawa Persis sekaligus Timnas asal Solo, Agung Setyabudi.

Kepada Bola.com, Sabtu (30/4/2021), pemilik 53 caps di Timnas Indonesia tersebut memuji keputusan tepat Persis mendatangkan Irfan Jauhari. Dengan pengalaman sebagai pemain Timnas, akan menambah kekuatan Persis dalam bersaing di Liga 2 tahun ini.

"Irfan Jauhari salah satu pemain yang bisa saya anggap bintang di Persis. Karena sudah merasakan atmosfer di Timnas Indonesia, di bawah naungan langsung Shin Tae-yong. Dia akan banyak membantu prestasi Persis nantinya," tegasnya.

Baru-baru ini, petinggi Bali United juga ikut memberi tanggapan atas kepindahan Irfan Jauhari ke Persis dengan status pinjaman. CEO Bali United, Yabes Tanuri, berharap Irfan Jauhari bisa memaksimalkan masa pinjaman ini untuk mengembangkan permainannya.

"Kami yakin ini akan menjadi kesempatan bagus bagi Irfan untuk berkembang lebih baik lagi. Apalagi, kami tahu komitmen Persis Solo untuk membangun tim yang mumpuni, bukan main-main," bebernya. 

Video Populer

Foto Populer