Sukses


Ini Dia Afganistan dan Oman, Calon Lawan Timnas Indonesia pada Laga Uji Coba

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia dijadwalkan menjalani dua laga uji coba kontra Afganistan dan juga Oman. Rencananya, duel melawan kedua tim tersebut akan berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab.

Rencananya, Timnas Garuda akan menghadapi Afganistan pada 25 Mei mendatang. Adapun duel kontra Oman bakal dihelat empat hari berselang.

Untuk menjalani dua pertandingan uji coba tersebut, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menggelar pemusatan latihan (TC) di Jakarta pada 1 sampai 16 Mei mendatang. Sehari kemudian, skuad Merah-Putih akan bertolak ke Dubai.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut memanggil 37 pemain pada pemusatan kali ini. Nantinya, Shin Tae-yong akan mengerucutkan skuad asuhannya tersebut menjadi 23 pemain, plus lima nama yang saat ini tengah menjalani karier di luar negeri.

Lantas seperti apa kekuatan Timnas Afganistan dan Oman, calon lawan Timnas Indonesia pada laga uji coba? Berikut ini Bola.com coba merangkum singkat mengenai profil kedua tim.

 

2 dari 4 halaman

Timnas Afganistan

Tim berjulukan The Lions of Khorasan tersebut merupakan satu di antara kekuatan sepak bola di wilayah Asia Selatan. Timnas Afganistan menorehkan prestasi yang cukup membanggakan di ajang SAFF Championship.

Dalam turnamen yang diikuti tim-tim dari Asia Selatan, mulai dari India, Pakistan, Banglades, dan Maladewa tersebut, Timnas Afganistan berhasil merengkuh titel juara pada 2013. Mereka juga pernah meraih status runner-up SAFF Championship pada 2011 dan 2015.

Per 7 April 2021, Timnas Afganistan berada di peringkat 149 ranking FIFA dengan mengoleksi 1052,24 poin. Afganistan unggul 24 strip atas Timnas Indonesia yang mendulang 964,07 poin.

Menghadapi Indonesia, Timnas Afganistan memanggil 30 pemain. Satu di antara nama yang masuk daftar skuad Afganistan adalah eks gelandang Persib Bandung, Farshad Noor.

Bagi Timnas Afganistan dan Timnas Indonesia, duel kali ini akan menjadi pertemuan perdana di semua ajang.

3 dari 4 halaman

Timnas Oman

Timnas Oman merupakan satu di antara tim yang disegani di kawasan Teluk. Mereka berhasil merengkuh dua trofi juara di ajang Gulf Cup, yakni pada 2009 dan 2017.

Namun, tim berjulukan Al-Ahmar tersebut belum pernah sekalipun meraih titel juara di Piala Asia. Prestasi terbaik Oman di turnamen antarnegara Asia tersebut adalah lolos ke-16 besar pada 2019.

Kendati begitu, Timnas Oman memiliki posisi yang cukup oke di ranking FIFA. Saat ini, tim asuhan Branko Ivankovic tersebut menghuni peringkat 80 dengan mendulang 1301,51 poin.

Demi terus mendulang poin dan memperbaiki posisi di ranking FIFA, Timnas Oman bertekad mengalahkan Indonesia dalam laga uji coba. Selain itu, Oman juga ingin mengukur kesiapan sebelum tampil pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022.

Menghadapi Timnas Indonesia, Oman berkekuatan 29 pemain. Sebelum bersua Timnas Garuda, Al-Ahmar akan berhadapan dengan Thailand pada 25 Mei 2021 yang juga berlangsung di Dubai.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer