Sukses


Piala Wali Kota Solo: Ajang Pemanasan Delapan Tim Sultan, Termasuk Persis dan Rans Cilegon

Bola.com, Solo - Empat klub Liga 1 dan empat tim dari Liga 2 akan memanaskan mesin lewat turnamen mini bertajuk Piala Wali Kota Solo 2021. Turnamen yang digagas Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, akan dihelat di Stadion Manahan, 21-27 Juni mendatang.

Selain Persis Solo selaku tuan rumahnya, tujuh peserta lainnya yang ikut ambil bagian adalah Bali United, Persib Bandung, Bhayangkara Solo FC, Arema FC, PSG Pati, RANS Cilegon FC, dan Dewa United.

Adapun format pertandingannya adalah sistem knock-out atau babak gugur. Menariknya, delapan klub tersebut berpredikat sebagai tim sultan dengan kekuatan finansial dan skuad yang mewah.

Di sisi lain, turnamen yang akan berlangsung satu pekan itu menjadi ajang pemanasan menjelang bergulirnya Liga 1 maupun Liga 2 musim 2021.

Turnamen ini bakal diakomodasi oleh Mahaka Sports and Entertainment sebagai panitia pelaksana (panpel). Mahaka Sports and Entertainment merupakan event organizer (EO) khusus olahraga bentukan PT Mahaka Media Tbk, milik Menteri BUMN Erick Thohir, yang juga pemilik 20 persen saham di Persis Solo.

Mahaka selama ini sempat menggelar sejumlah turnamen sepak bola di Tanah Air. Seperti Piala Presiden 2015, Piala Jenderal Sudirman 2015, Piala Bhayangkara 2016, Indonesian Soccer Championship (ISC) 2016, hingga Piala Presiden 2019.

Sebelumnya Solo dan Stadion Manahan sukses menjadi tuan rumah Piala Menpora 2021. Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka memastikan izin pertandingan turnamen sudah selesai, tinggal kedatangan tim peserta dan pelaksanaan pertandingan.

"Delapan tim (peserta) sudah bersedia semua, dari awal sudah bersedia, izinnya juga sudah keluar semua. Klubnya sudah fix itu, nanti mulainya 21 sampai 27 Juni, dengan sistem knock-out biar cepat selesai," terang Gibran, Selasa (8/6/2021).

 

2 dari 3 halaman

Pemilihan Peserta dan Anggaran

Gibran juga menjelaskan terdapat pertimbangan dengan pemilihan delapan tim peserta, selain Persis Solo selaku tuan rumahnya. Yakni melihat kesediaan dan kesiapan tim untuk ikut tampil.

Putera sulung Presiden Joko Widodo tersebut menegaskan akhirnya terpilih delapan tim yang betul-betul siap, serta tidak mengganggu program persiapan menghadapi kompetisi.

Sementara terkait anggaran untuk penyelenggaraan turnamen, sang Wali Kota memastikan berasal dari sponsor. Adapun tim juara di turnamen ini akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp500 juta, Rp300 juta untuk runner-up, peringkat ketiga Rp 200 juta, dan posisi keempat Rp100 juta.

Kemudian terdapat match fee pada setiap pertandingan senesar Rp75 juta bagi tim yang menang dan Rp40 juta untuk yang kalah.

"Kemarin banyak yang bertanya, kok tim ini diajak, dan tim ini tidak diajak. Ini bukan masalah tidak diajak, beberapa tim yang besar itu mau fokus latihan untuk persiapan liga. Anggarannya tentu dari sponsor," tegas Gibran Rakabuming Raka.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer