Sukses


Mengenal Uni Emirat Arab: Calon Lawan Timnas Indonesia, Miniatur Sepak Bola Belanda di Asia

Bola.com, Dubai - Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Uni Emirat Arab pada laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar di Stadion Zabeel, Jumat (11/6/2021) malam WIB. Laga diprediksi bakal krusial mengingat UEA merupakan tim yang tangguh.

Timnas Uni Emirat Arab sejauh ini menghuni peringkat kedua klasemen sementara Grup G dengan raihan 12 poin. Situasi itu membuat UEA masih punya peluang untuk melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

UEA menjelma menjadi tim yang menakutkan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 berkat polesan pelatih Bert van Marwijk. Penampilan tim berjulukan Al Abyad meningkat drastis dengan skema 4-2-3-1 yang diandalkannya.

Seperti diketahui, Bert van Marwijk merupakan pelatih modern yang tak melupakan gaya khas permainan Belanda. Bert van Marwijk masih mengusung gaya Total Football.

Gaya tersebut identik dengan Timnas Belanda yang memungkinkan semua pemain bertukar posisi secara konstan sambil menekan pemain lawan yang menguasai bola. Taktik ini mengharuskan tim berisi para pemain yang mempunyai skill menyerang dan bertahan yang sama bagusnya.

Kemudian kemampuan fisik harus prima untuk bisa tampil konstan selama 90 menit. Kenyataannya gaya tersebut cocok diterapkan di Uni Emirat Arab yang punya sumber daya pemain yang mendukung dari segi fisik  tangguh dan kecepatan berlari.

Pemain-pemain semisal Walid Abbas, Ali Salmeen, hingga Ali Mabkhout menjadi kunci ketangguhan UEA asuhan Bert van Marwijk. Meskipun skuad UEA dihuni banyak pemain tua dengan rataan usia 28,4 tahun, menjadi yang paling tua di antara lima tim penghuni Grup G.

Namun, hal itu ternyata bukan halangan buat Bert van Marwijk dalam menerapkan skema Total Football. Sejak diasuh Bert van Marwijk pada 2019, Timnas Uni Emirat Arab telah meraih tujuh kali kemenangan, dua kali imbang, dan dua kali kalah.

2 dari 4 halaman

Bertumpu pada Ali Mabkhout

Tak bisa dimungkiri, penampilan tangguh Timnas Uni Emirat Arab di Kualifikasi Piala Dunia 2022 berkat kehadiran Ali Mabkhout. Pemain berusia 30 tahun itu sudah mengemas delapan gol dalam enam laga yang dimainkannya.

Ali Mabkhout merupakan sosok fenomenal di UEA. Sebagai penyerang, Ali Mabkhout memiliki naluri mencetak gol yang bagus dan pandai mencari serta membuka ruang tembak.

Sejak memulai debut pada 2009, Ali Mabkhout sudah tampil sebanyak 90 kali untuk UEA. Pemain klub Al Jazira juga dinobatkan sebagai pemain tersubur UEA sepanjang masa dengan torehan 73 gol sampai saat ini.

Wajar bila perannya di lini depan UEA masih dibutuhkan oleh pelatih Bert van Marwijk. Terlebih Ali Mabkhout mampu mencetak gol dengan seluruh anggota tubuh yang dimilikinya.

3 dari 4 halaman

Skuad Lengkap UEA

Kiper: Ali Khasif, Fahad Al-Dhanhani, Adel Al-Hosani

Belakang: Mohammed Al Attas, Walid Abbas, Shahin Abdulrahman, Khalifa Al Hammadi, Hassan Al-Moharrami, Mahmoud Khamees

Tengah: Ali Salmeen, Bandar Al-Ahbabi, Mohammed Jumaa, Abdullah Ramadan, Tahnoon Al-Zaabi

Depan: Sebastian Tagliabue, Hareb Abdullah, Fabio Lima, Caio Canedo, Khaflan Mubarak, Ali Mabkhout

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer